Hari Batik Nasional 2023, Batiklopedia Gelar Batik Story Bekasi

Peragaan busana batik karya Komunitas Batik Bekasi (Kombas) pada event Batik Story Bekasi di Atrium Lagoon Avenue Mall Bekasi, Minggu (1/10/2023). (Foto - foto : Kuncoro Widyo Rumpoko/Aksikata.com).

BEKASI, AKSIKATA.COM – Batiklopedia bersama PT. Padil Jaya Pertama dan penggiat Batik Bekasi menggelar event Batik Story Bekasi di isi dengan lomba mewarnai batik yang diikuti anak-anak PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dan Talk Show dengan mengusung tema “Revolusi Batik Bekasi” bertepatan dengan Hari Kesaktian Pancasila dan jelang Hari Batik Nasional di Lagoon Avenue Mall Bekasi, Minggu, (1/10/2023).

PT. Padil Jaya Pertama merupakan perusahaan Kontraktor Penyediaan Jasa Pengerukan Overburden dan Hauling batu bara, tertarik untuk menjadi sponsor kegiatan ini karena keinginannya turut serta dalam upaya pelestarian dan pengembangan batik Indonesia.

Salah satu acara yang menarik perhatian adalah lomba mewarnai batik yang diikuti murid Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Dalam lomba mewarnai tersebut, anak-anak tampak antusias mewarnai motif-motif batik yang telah disediakan oleh panitia.

Lomba mewarnai motif batik Bekasi yang digelar ditujukan untuk mengenalkan kecintaan kepada batik di kalangan usia dini.

“Salah satu bentuk dukungan tersebut yakni dengan membuat projek Batik Story Bekasi sebagai bentuk dukungan terhadap perkembangan batik Bekasi, dan para pihak sponsor yang terlibat sangat aware dengan kegiatan ini,” ucap Bimo Nugroho, program director event Batik Story Bekasi.

Batiklopedia mendukung penuh perkembangan batik di Nusantara. Lewat Batik Story, Batiklopedia ingin mengangkat atau mempromosikan batik dari beragam daerah di Indonesia.

Terpisah Ketua Panitia Acara, Dinda Gilang Orinas mengaku, pentingnya mempertahankan batik untuk saat ini sebagai cinta produk lokal khususnya di Bekasi, jangan hanya momen formal atau undangan tapi di momen hari biasa juga.

Pria yang akrab disapa Orins ini menjelaskan selain majemuk dan luas pasalnya semua kalangan, mulai dari TK, SD, Seniman Musik dan Penggiat Batik  juga bisa menerapkan dan menggunakan batik sebagai bentuk cintanya terhadap warisan budaya bangsa yang harus dijaga.

“Kami ingin mengajak warga Bekasi, untuk setiap hari menggunakan Batik, pasalnya hal itu harus dicontohkan dan dimulai dari diri sendiri,” katanya.

Menurut Orins, suksesnya warga bekasi harus diawali dengan menggunakan Batik. Sehingga, bangsa ini memiliki karakter yang kuat, jangan sampai batik menjadi hilang. Pasalnya, budaya merupakan cerminan bangsa.

 

 

3 Comments on “Hari Batik Nasional 2023, Batiklopedia Gelar Batik Story Bekasi”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *