UMB Kembali Selenggarakan Konferensi Internasional

BATAM, AKSI KATA. COM – Universitas Mercu Buana (UMB) kembali menggelar Konferensi Internasional bertajuk “Fostering Communication for Sustainable Collaboration and Adaptability in the Rapid Digital Transformation” tanggal 12 Juni 2024 di Hotel Sahid Batam, Kepulauan Riau.

Menurut Heri Budianto, Kaprodi Magister Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana, kegiatan konferensi international ini merupakan kegiatan ke – 2 yang diselenggarakan oleh Program Magister Ilmu Komunikasi FIKOM Univ Mercu Buana. ” Kegiatan ini diselenggarakan sebagai ajang pengembangan keilmuan komunikasi terhadap isu isu global dan internasional,” ujarnya.

Sementara itu, Prof Dr Ahmad Mulyana, M Si, selaku Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi menyampaikan konferensi internasioanl dilaksanakan secara rutin setiap dua tahun ini diharapkan dapat memberi ruang kepada para akademisi untuk dapat berbagi pandangan terkait dengan isu-isu terkait seputar ilmu komunikasi yang terus berkembang. Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Jakarta tidak henti-hentinya melakukan peninjauan dan pengembangan kurikulum untuk dapat berjalan beriringan dengan kemajuan teknologi dan perkembangan keilmuan juga industri.
Selain berfokus pada bidang-bidang yang popular dalam industri, pada saat ini, FIKOM Universitas Mercu Buana Jakarta menambahkan perspektif digital entrepreneurship ke dalam bidang ilmu komunikasi yang ditawarkan kepada para akademisi khususnya pada jenjang Pendidikan Doktoral yang akan segera kami buka. Pendekatan ini merupakan langkah yang relevan dan penting mengingat peran teknologi digital dalam transformasi komunikasi dan bisnis saat ini.

“Teknologi terus berkembang dengan cepat, dan bisnis serta industry yang mampu beradaptasi dengan perubahan tersebut memiliki keunggulan kompetitif. Melalui pendidikan yang fokus pada digital entrepreneurship, individu akan dilengkapi dengan keterampilan yang diperlukan untuk mengikuti perkembangan teknologi dan pasar. Digital entrepreneurship mendorong kreativitas dan inovasi dalam menciptakan solusi untuk masalah yang ada atau memenuhi kebutuhan pasar yang berkembang dan berkelanjutan, terutama dalam konteks kolaborasi berbagai pihak yang terlibat”. Ujar Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi

Panitia seminar telah menerima ratusan artikel dari dalam dan luar negeri yang akan dibahas pada konferensi internasioanal. Artikel-artikel yang terpilih akan diterbitkan diantaranya;  Asian Journal for Public Opinion Research, Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, Jurnal Mediator, Jurnal Bricolage, Komunika: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, E-bangi: Journal of Social Sciences and Humanities dan Jurnal-jurnal FIKOM UMB serta diterbitkan dalam bentuk prosiding” ujar Heri Budianto

Konferensi Internasional ini menghadirkan pembicara Internasional dan Nasional antara lain: Prof. Dr. Phil. Hermin Indah Wahyuni, S.I.P., M.Si sebagai Keynote Speaker dari Universitas Gadjah Mada Indonesia,  Speaker dari internasional dan nasional Prof. Kontsevaya Natalia dari FInansial University, Moscow Russia, Irene Santoso, Ph.D dari Massey University New Zealand, Dr. Tuong-Minh Ly-le dari University of Management & Technology Vietnam, Assoc. Prof. Dr. Abdul Latiff Ahmad dari Universiti Kebangsaan Malaysia serta Prof. Dr. Nur Kholisoh, M.Si dari Universitas Mercu Buana Indonesia.

Konferensi internasional ini diselenggarakan bekerjasama dengan berbagai perguruan tinggi dalam dan luar negeri serta asosiasi profesi yakni : Asosiasi Profesi Wirausaha Informasi dan Komunikasi Indonesia, Universitas Putera Batam, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Universitas Riau, Universitas Islam Bandung, Multimedia University, Universiti Sains Islam Malaysia, Universiti Sains Malaysia. Kegiatan ini pula disponsori oleh BPJS Ketenagakerjaan dan Indosat cabang Batam.

32 Comments on “UMB Kembali Selenggarakan Konferensi Internasional”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *