Sindir Baim Wong, Kang Emil Bilang CFW Biarkan Tetap Slebew, Bukan Haute Couture

JAKARTA, AKSIKATA.COM – Setelah viral di media sosial, bahwa diam-diam Baim Wong mematenkan “merek” Citayam Fashion Week (CFW) untuk mendapat Hak Kekayaan Intelektual (HaKI), hujatan bertubi-tubi datang kepada Baim Wong.

Seolah netizen tak terima bahwa Baim Wong ingin memantenkan CFW, padahal yang meramaikan FCW adalah sekelompok remaja seperti Bonge, Jeje, Roy,  Kurma dari kawasan pinggiran Depok, Citayam dan Bojong Gede.

Tak hanya netizen yang seolah tak terima dengan langkah Baim Wong, Gubernur Ridwan Kamil pun sampai ikut berkomentar.

Menurut Kang Emil sapaan akrabnya, upaya untuk mengorganisasi event jalanan itu lebih baik dilakukan oleh orang-orang yang terlibat, bukan orang luar macam Baim Wong dan istrinya, Paula Verhoeven.

“Jikapun ingin diorganisasi lebih baik, biarlah mereka sendiri yang mengurusnya melalui komunitasnya. Oleh mereka, bukan anda,” kata Ridwan Kamil dalam keterangan tertulis, Senin (25/7/2022).

Menurut mantan Walikota Bandung itu fenomena CFW merupakan gerakan organik akar rumput yang tumbuh-kembangnya harus naturan dan organik.

Ketika gerakan ini dibuat menjadi formal dan mewah, apalagi oleh orang luar justru akan menghilangkan maksud dan tujuannya. Malahan hal ini akan membuat gerakan tersebut justru mati muda.

Karena itu, Kang Emil menyarankan agar Citayam Fashion Week ini tetap berjalan sebagaimana terjadi selama ini. Lenggak-lenggok anak muda di catwalk zebra cross, tak perlu dipindahkan ke gedung mewah macam Sarinah.

“Biarkan tetap slebew, bukan haute couture,” katanya.

Kang Emil juga menyindir upaya mempatenkan merek Citayam Fashion Week yang dilakukan Baim Wong dan Paula Verhoeven, sebagai salah inisiatif.

“Anda dan istri sudah hebat, punya kerja-kerja luar biasa. Lanutkan. Tapi bukan untuk inisiatif yang ini,” ujar  Kang Emil.

Sementara itu Baim Wong mendaftarkan merek CFW ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham)menggunakan dua perusahaan, yaitu PT Tiger Wong Entertainment dan Indigo Aditya Nugroho. PT Tiger Wong Entertainment milik Baim Wong, mengajukan pendaftaran tersebut pada 20 Juli 2022, dengan nomor pendaftaran JID2022052181.

Saat ini, proses pengajuannya berada dalam tahap publikasi. Selama masa ini, semua pihak dapat mengajukan keberatan atas permohonan pendaftaran merek tersebut

“Saya hanyalah orang yang punya visi menjadikan Citayam Fashion Week sebagai ajang untuk membuat trend ini menjadi wadah yang legal dan ga musiman,” kata Baim Wong.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




Enter Captcha Here :