Ketua MUI Cholil Nafis Sebut Punya Boneka Arwah Jika Disembah Jadi Syirik

Ivan Gunawan di chanel YouTube Boy William (instagram)

JAKARTA, AKSIKATA.COM – Viral punya “anak” lewat boneka arwah terus mendapat tanggapan dari berbagai pihak. Sebagian masyarakat ikut resah atas fenomena artis yang mengaku punya “anak” namun berwujud boneka yang bisa tertawa, tersenyum, seolah merespon pemiliknya.

Pertamakali artis yang mengaku punya “anak” ini adalah desainer Ivan Gunawan yang tayang di YouTube Boy William, belum lama ini. Tak lama, artis lain mengaku ikut juga memiliki boneka arwah ini. Hal sama juga terjadi di kalangan masyarakat yang ramai-ramai ikut membeli boneka ini.

Menanggapi hal ini disebut Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI)m Cholil Nafis, jika seseorang memiliki boneka hanya karena hobi tak akan menjadi masalah sama sekali. Namun jika boneka tersebut berisi arwah, makhluk halus atau jin, ini yang tidak diperbolehkan sesuai aturan di Islam.

Dalam akun Twitter Cholil Nafis, @cholilnafis, dilihat Selasa (4/1/2022 menuliskan, “Boneka itu mainan atau hoby itu boleh aja”.

Lebih lanjut ia menegaskan, “Tapi klo dijadikan demit arwah atau diisi arwah makhluk halus dan jin itu haram,” sambungnya.

Bahkan jika boneka tersebut sampai disembah oleh pemiliknya, hal tersebut akan menjadi hal yang syirik.

“Jika disembah ya syirik,” katanya.

Kabarnya, boneka-boneka tersebut diisi dengan arwah sehingga para pemiliknya harus mengasuh dan memberi makan serta minum boneka tersebut.

Ketua MUI itu juga menyarankan para selebriti atau siapapun tidak berlebihan dalam menyayangi boneka.

Ia menyarankan jika materi dan kasih sayang yang berlebih akan lebih baik jika sekalian diberikan untuk menyayangi anak yatim piatu atau kaum dhuafa.

“Jangan berlebihan menyayangi boneka. Klo lebih uang atau rasa sayang mk sayangilah anak yatim dhu’afa,” tuturnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *