Tiru Aksi Demo di Hongkong, Pendemo di Serang Banten Berhasil “Balikin” Gas Air Mata ke Polisi

JAKARTA, AKSIKATA.COM – Viral aksi demo yang mengajarkan para pendemo terhindar dari lemparan gas air mata. Aksi yang meniru demo di Hongkong ini ramai beredar di medsos.

Ya, pendemo tolak Omnibus Law UU Cipta Kerja seolah diajarkan untuk bertahan di tengah situasi ricuh jika polisi sudah melemparkan gas air mata. Di video tersebut, terlihat pendemo di Serang, Banten mengikuti strategi demonstran Hong Kong dengan melempar kembali gas air mata ke arah aparat yang sedang berjaga.

Salah satu akun Instagram yang mengunggah peristiwa itu datang dari akun @Tanah.merdeka. Di video unggahan itu, ia menjelaskan bahwa massa aksi di Serang meniru cara pendemo di Hong Kong beberapa waktu lalu. Massa aksi saling bekerja sama untuk melemparkan kembali gas air mata yang sebelumnya di tembakan aparat ke arah mereka.

Dengan menggunakan sarung tangan dan sebuah pentungan, para pendemo melontarkan kembali gas air mata ke kerumunan aparat yang sedang bertugas.

“Massa aksi di Serang, Banten menggunakan strategi yang dilakukan oleh para demonstran di Hong Kong. Mereka melempar balik gas air mata yang ditembakan aparat ke demonstran, kemudian diambil menggunakan sarung tangan dan pentungan, dilontarkan balik ke kerumunan aparat,” jelas akun @Tanah.merdeka melalui captionnya.

Aksi serupa ini rupanya ampuh, terbukti pendemo berhasil memukul balik para polisi. Serangan tak terduga itu membuat sejumlah aparat buyar lantaran tak kuat dengan terjangan asap dari gas air mata. Terlihat dalam video, asap putih gas air mata mengepul di sekitaran lokasi para polisi yang sedang berjaga. Sejumlah anggota polisi yang dibuat sesak nafas pun mundur dari barisan.

“Serangan balik itu membuat aparat kelabakan dan mengalami sesak nafas, sebagai mana juga sesak nafas yang dialami demonstran akibat gas air mata yang mereka tembakan,” ujarnya.

 Tak sedikit dari pria berseragam itu yang terbatuk-batuk hingga mual karena menghirup asap gas air mata. Meski begitu, tak diketahui pasti bagaimana kronologis dan peristiwa itu terjadi.

3 Comments on “Tiru Aksi Demo di Hongkong, Pendemo di Serang Banten Berhasil “Balikin” Gas Air Mata ke Polisi”

  1. Reading this post was important for me as it gave important understandings and in-depth info on the topic. The author did an impressive job in offering the info clearly and engagingly. Congratulations to the writer for producing such a useful and well-written blog site.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *