Amien Rais : Partai Ummat Bakal Berantas Kezaliman yang Sengsarakan Rakyat

 

JAKARTA, AKSIKATA.COM – Mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Amien Rais mendirikan partai politik baru bernama Partai Ummat. Partai ini disebut Amien sengaja didirikan untuk melawan kezaliman yang menyasar masyarakat Indonesia.

Amien mengatakan partai besutannya ini akan menjalankan dua perintah Allah SWT, yaitu al amru bil’adli (menegakkan keadilan) dan an nahyu’anidzulmi (memberantas kezaliman).

“Partai Ummat, Insya Allah bertekad akan bekerja dan berjuang bersama anak bangsa lainnya melawan kezaliman dan menegakkan keadilan,” ujar Amien saat membacakan Mukadimah Partai Ummat secara daring melalui akun Youtube-nya, Amien Rais Official, Kamis (1/10).

Menurut mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), hanya negara yang dapat melancarkan kezaliman politik, ekonomi, sosial, hukum dan kemanusiaan karena memiliki sarana dan aparat yang lengkap. Namun hanya negara pula yang mampu menegakkan keadilan bagi rakyatnya.

Berbekal alasan itu, Partai Ummat akan berjuang bersama anak bangsa untuk menegakkan keadilan sekaligus melawan kezaliman melalui sarana perjuangan politik.

“Semua tergantung pada pemerintah yang sedang berkuasa, apakah sedang membela kepentingan rakyat dan ummat, atau sebaliknya sedang membela kepentingan konglomerat dan korporatokrat,” tegasnya.

Sebelumnya, hubungan Amien dan PAN memanas usai Kongres V PAN yang diselenggarakan di Kendari, Sulawesi Tenggara, pada 10-12 Februari 2020. Kubu Amien dikalahkan oleh kubu Zulkifli Hasan.Amien menegaskan Partai Ummat akan berpegang teguh pada Pancasila dan UUD 1945. Di akhir pidatonya, Amien menutup dengan ayat Alquran yang memiliki arti “Hanya kepada Allah kami menyembah, hanya kepadanya pula kami memohon pertolongan.”

Kongres itu juga diwarnai aksi kekerasan. Sejumlah pendukung Amien dilarikan ke rumah sakit karena terluka. Di tengah kekacauan, kongres tetap berjalan dan Zulhas terpilih kembali menjadi ketua umum.

Setelah kejadian itu, Amien mulai mewacanakan membentuk partai baru. Awalnya, partai ini direncanakan bernama PAN Reformasi. Namun rencana itu urung dilakukan setelah menerima masukan dari sejumlah ahli.

Menanggapi pembentukan Partai Ummat, Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi menegaskan bahwa Amien telah resmi keluar dan meninggalkan PAN.

Menurutnya, Amien sudah tidak menjadi bagian dari keluarga besar PAN dan tak lagi identik dengan PAN.

Partai Ummat yang berbasiskan Islam dinilai memiliki ideologi politik berbeda dengan PAN yang nasionalis dan relijius.

3 Comments on “Amien Rais : Partai Ummat Bakal Berantas Kezaliman yang Sengsarakan Rakyat”

  1. The material of this blog site is simply extraordinary! Reading this article was necessary for me as it provided useful insights and comprehensive information on the subject. I was excited by the top quality of the writing and the degree of research study involved. The writer did an exceptional task in providing the information plainly and engagingly. Congratulations to the writer for producing such a informative and well-written blog. I can not wait to review even more posts here!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *