Ikan Asin Calang, Kualitas Ikan Asin Terbaik di Aceh

Pedagang ikan asin Calang, Aceh Jaya mengolah ikan segar menjadi ikan asin menggunakan alat Oven Solar Dryer, Senin (7/10/2019). (Foto-foto : Kuncoro Widyo Rumpoko).

BANDA ACEH, AKSIKATA-Jika ingin menikmati ikan asin terenak di seluruh Aceh, maka Calang, Aceh Jaya adalah tempatnya. Deretan penjual ikan asin yang membuka lapak di sepanjang sisi jalan, menggantung ikan-ikan asin pada tali dan kayu. Aroma khas pun tercium menggoda para pengguna jalan yang lewat melintasi Jalan Banda Aceh-Meulaboh.

Ikan asin disini sudah dikenal sejak dulu memiliki kualitas terbaik di Aceh. Pasalnya, pengolahannya dilakukan langsung dari ikan segar hasil tangkapan nelayan tradisonal setiap pagi harinya tanpa menggunakan pengawet atau formalin.

Harga ikan asin di sini berkisar Rp 10.000 – Rp 60.000. Jenisnya berbagai macam, mulai dari ikan teri, udang, ikan karang hingga gurita yang semuanya diasinkan dan dikeringkan dengan baik. Pengolahannya dilakukan langsung dari ikan segar hasil tangkapan nelayan tradisonal setiap pagi harinya tanpa menggunakan pengawet atau formalin, mengunakan alat Oven Solar Dryer.

Penggunaan alat ini cukup mudah lebih efektif dan efisien, tak perlu repot mengangkat ikat asin yang sedang dijemur manakala hujan turun secara tiba-tiba. Selain itu, produksi ikan asin menjadi lebih higienis, bebas dari debu, dan dari hinggapnya lalat yang akan menghasilkan telur, sebagai penyebab berulatnya ikan asin, bahkan proses pengeringan ikan menjadi lebih cepat tergantung dari pencahayaan matahari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *