Yuk, Intip Jurusan Buat Kamu Tertarik dengan Industri Kreatif

JAKARTA, AKSIKATA.COM – Apakah kamu tahu apa yang dimaksud dengan industri kreatif? Presiden Joko Widodo sempat mengatakan bahwa, masa depan Indonesia akan ada di tangan industri kerajinan atau industri kreatif.

Untuk kamu yang ingin bekerja di industri kreatif, tentunya perlu membekali diri dengan memilih jurusan kuliah yang sesuai. Apa saja jurusan kuliah yang bisa kamu pilih?

Berikut ini beberapa ulasan terkait jurusan kuliah bagi yang punya passion di Industri Kreatif:

1. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Jurusan Desain Komunikasi Visual mempelajari seni menyampaikan suatu pesan melalui bahasa rupa (desain), untuk menginformasikan atau mempersuasi penerima pesan. Di sini kamu akan mempelajari gabungan antara komunikasi dengan unsur estetika.

Pada jurusan ini juga, kamu akan melakukan banyak kegiatan praktik untuk menciptakan karya desain di berbagai media, seperti poster, logo, ilustrasi, desain web, foto, video, animasi, dan sebagainya.

Lulusan DKV mempunyai peluang kerja yang luas, terutama di industri kreatif. Kamu bisa bekerja di agensi periklanan, pengembang web, startup, humas di perusahaan, konsultan branding, dan sebagainya. Jika kamu tertarik kuliah di jurusan ini kamu dapat memilih Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Jurusan Fakultas Komunikasi & Bahasa jurusan Periklanan.

Sementara itu, Jusuf Fadilah selaku Ketua Program Studi Periklanan (Kaprodi) Universitas BSI menjelaskan bahwa, industri kreatif sebuah industri yang bukan hanya mengandalkan soft skill dan hard skill, namun juga membutuhkan pemikiran kreatif untuk menciptakan ide-ide baru, baik produk atupun jasa. Sehingga bisa tercipta industri yang out of the box tapi bisa diterima di masyarakat.

Menurutnya, materi pembelajaran di jurusan ini, selalu update dengan media digital atau new media dan industri kreatif, namun tidak menghilangkan materi-materi tentang media konvensional sebelumnya.

Program Studi Periklanan dipersiapkan untuk menempati posisi di biro periklanan sebagai; Account Executive/Planner, Art Director, Copywriter, Media Planner and Buyer, Graphic Designer, Animator dan Fotografer.

2. Desain Grafis

Desain grafis merupakan satu bentuk seni lukis, untuk menciptakan atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas suatu media. Jurusan Desain Grafis mempelajari bagaimana menggunakan software desain seperti Adobe Photoshop atau Adobe Illustrator dan sejenisnya, dengan elemen foto, font, warna, bentuk, ilustrasi, tekstur dan sebagainya.

Hal ini berguna untuk menyampaikan pesan di beragam media, seperti iklan cetak, poster, majalah atau koran, brosur, dan sebagainya. Jika kamu tertarik belajar desain grafis, Universitas BSI memiliki Fakultas Komunikasi & Bahasa Jurusan Periklanan.

3. Penyiaran (Broadcasting)

Broadcasting atau penyiaran, sejatinya merupakan salah satu pilihan konsentrasi di Jurusan Ilmu Komunikasi. Namun, di beberapa perguruan tinggi, kamu bisa menemukan Broadcasting sebagai jurusan terpisah.

Secara umum, Jurusan Broadcasting adalah sebuah jurusan yang mempelajari bagaimana teori dan praktik dalam menciptakan program untuk disiarkan melalui media massa yaitu televisi dan radio.

Selain itu juga, saat ini semakin berkembang media online melalui internet. Jika kamu tertarik lebih jauh mengenai dunia penyiaran, kamu dapat kuliah di Fakultas Komunikasi & Bahasa Universitas BSI mengambil Jurusan Penyiaran (Broadcasting).

4. Ilmu Komunikasi

Kuliah jurusan ilmu komunikasi bukan sekadar belajar ngomong atau berbicara di depan umum saja. Lebih dari itu, ilmu komunikasi merupakan studi yang kompleks mengenai penyampaian pesan yang efektif.

Ada banyak materi kuliah yang bakal membuka wawasan kamu selama menjadi mahasiswa ilmu komunikasi. Mayoritas perguruan tinggi di Indonesia maupun luar negeri, menyediakan program studi ilmu komunikasi, karena ilmu ini penting dan para lulusannya dibutuhkan untuk bekerja di berbagai sektor. Banyak sekali pelajaran seru yang akan kamu pelajari, mulai dari menulis berita, fotografi, membuat iklan, film, dan masih banyak lagi.

Lulusan dari jurusan ini juga mempunyai prospek kerja yang sangat luas, termasuk berkecimpung di industri kreatif. Di Universitas BSI juga tersedia jurusan Ilmu Komunikasi.

5. Televisi dan Film

Program studi Televisi dan Film mempelajari teknik-teknik dalam pembuatan film dan program siaran televisi. Di jurusan ini kamu akan belajar menulis skrip, tata kamera, produksi film dan program televisi, editing, membuat story board, penyuteradaraan, dan juga fotografi .

Tertarik dengan jurusan ini? Kamu dapat kuliah di beberapa kampus yang membuka jurusan Televisi dan Film salah satu diantaranya di Institut Kesenian Jakarta-LPKJ.

6. Seni Rupa

Jika kamu memiliki bakat dibidang gambar, estetika dan keindahan, Jurusan Seni Rupa merupakan bidang seni yang cocok buat kamu. Bermula dari pemahaman tradisi “fine art,” sebuah wacana dari modernisme yang dikembangkan dalam kesadaran nilai-nilai lokal juga global.

Kamu akan diajari cara berekspresi melalui melukis, seni grafis, seni pahat, kerajinan, dan sebagainya. Untuk bergelut di industri kreatif, tentunya kamu harus terus mengembangkan ide dan kreativitasmu agar bisa memberikan karya-karya unik terbaik untuk bangsa. Salah satu kamu yang membuka jurusan Seni Rupa adalah Institut Seni Indonesia Surakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




Enter Captcha Here :