Gandeng Berbagai Mitra, BMM Tebar Gerakan Kebaikan

JAKARTA, AKSIKATA.COM – Sepanjang Ramadan Laznas Baitulmaal Muamalat (BMM) menggandeng berbagai mitra dalam melaksanakan gerakan kebaikan. Gerakan ini diawali dengan kolaborasi BMM bersama Bank Muamalat dalam program “Tabungan Hijrah Prima Berhadiah (THPB)” yang dilaksanakan sepanjang April – Mei 2020.

THPB merupakan sebuah program untuk para nasabah Bank Muamalat berdonasi untuk masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19  dengan cara menyumbangkan bagi hasil dari tabungan tersebut dalam bentuk paket sembako maupun Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga kesehatan. “Pemberian paket sembako kepada 402 KK dan Pendistribusian APD sebanyak  444 paket untuk 17 Rumah Sakit telah dilaksanakan dengan titik pendistribusian yang tersebar di wilayah Jabodetabek, Bandung, dan Yogyakarta,” jelas Teten Kustiawan Direktur Eksekutif BMM, dalam siaran persnya, Kamis (11/6/2020).

Selain berkolaborasi dalam program THPB, BMM dan Bank Muamalat juga bersinergi dalam program “Muamalat Prioritas” sepanjang bulan Ramadan 1441H lalu. Program ini dilakukan untuk peringatan Milad ke-28 Bank Muamalat, pada tanggal 1 Mei. Bank Muamalat memberikan bantuan sosial berupa Alat Pelindung Diri (APD) kepada para tenaga medis.

Bantuan ini merupakan bentuk re-alokasi dana “bingkisan hari raya” yang biasanya diberikan kepada nasabah prioritas Bank Muamalat setiap tahun sehingga bantuan ini disalurkan atas nama Nasabah Muamalat Prioritas. Sebanyak 1.115 paket APD dan 402 paket APD dan Anti Covid-19 Kit telah diberikan kepada 39 Rumah sakit yang berada di wilayah Jabodetabek, Bandung, Semarang dan Yogyakarta.

Kolaborasi juga dilakukan oleh BMM bersama As Syifa Peduli dalam program “1.850 Paket Siaga Pangan Covid-19”dengan titik pendistribusian yang tersebar di wilayah Kabupaten Subang pada 17/04/2020 lalu. Kegiatan ini sebagai upaya membantu keluarga miskin, rentan miskin, dan karyawan yang mengalami PHK agar tetap dapat terpenuhi kebutuhan hidupnya di tengah situasi pandemi saat ini.

Selain itu, kegiatan pembagian paket sembako juga dilakukan oleh BMM bersama Forum Dewan Kemakmuran Masjid (FDKM) Tangerang Selatan kepada 60 Marbot terdampak pandemi Covid -19 di wilayah Tangerang Selatan (9/5/2020). “Masih sangat sedikit Dewan Kemakmuran Masjid yang dapat memberikan ujroh layak kepada marbot. Karena itu, banyak marbot yang keuangannya di topang dari perhatian jama’ah masjid. Sudah barang tentu ketika jama’ah masjid wajib sholat di rumah masing-masing di tengah pandemi seperti ini, marbot termasuk yang terdampak langsung secara ekonomi. Karena itu, adanya program ini sangat bermanfaat membantu marbot,” ujar Teten.

Gerakan kebaikan ini terus berlangsung dalam kegiatan pembagian 600 hand sanitizer oleh BMM bersama Griya Berbagi sebagai mitra kepada masyarakat dhuafa terdampak pandemi Covid-19 di wilayah Banten pada 06 – 15 Mei 2020. Gerakan ini juga berlangsung dalam bentuk pembagian bingkisan alat sekolah serta uang tunai oleh BMM bersama dengan Baitulmaalku sebagai mitra kepada 1000 anak yatim dhuafa di wilayah Karawang dan Purwakarta pada 12 – 15 Mei 2020.

“Terima kasih para donatur Baitulmaal Muamalat dan Baitulmaalku. Aku kangen banget sama sekolah. Nanti kalau sudah masuk, tasnya aku bawa ke sekolah. Semoga donatur dan pengurus sehat selalu” Ujar Bagas penerima santunan.

BMM bersama BenihBaik.Com juga turut berpartisipasi sebagai mitra salur dari PT Jalin Pembayaran Nusantara atas dana yang diamanahkan kepada BMM sebesar Rp 206.500.000 untuk bantuan paket sembako di berbagai titik yang tersebar di wilayah Jabodetabek dengan total penerima manfaat sebanyak 846 orang pada 14-15 Mei 2020.

Selanjutnya, BMM bersama Yayasan Rumah Muhasabah Cendekia (RCM) melakukan aksi pembagian beasiswa dan bingkisan lebaran kepada 22 anak yatim piatu yang tersebar di wilayah Jabodetabek dan Purwakarta (16/05/2020). Pada kesempatan lainnya, BMM bersama RCM juga telah melaksanakan kegiatan pemberian bantuan berupa uang tunai kepada 13 lansia di wilayah Jakarta untuk menopang kebutuhan hidup mereka di tengah kesulitan ekonomi saat masa pandemi Covid-19 ini (19/05/2020).

BMM juga bersinergi dengan Telkomsigma dalam memberikan bantuan berupa sembako bagi mereka yang terdampak secara ekonomi akibat pandemi Covid-19 melalui program “Gotong Royong Hadapi Covid-19”. Bantuan paket sembako diberikan kepada total 360 pekerja harian dan dhuafa yang tersebar di tiga lokasi yaitu di Tangerang Selatan, Bogor dan Yogyakarta. Adapun pelaksanaan kegiatan penyaluran dilakukan secara bertahap di masing-masing lokasi pada 18 – 22 Mei 2020.

Selain itu BMM bersama Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Istiqlal Jakarta berbagi kebahagiaan dengan mengadakan kegiatan santunan kepada 1.000 Anak Yatim dan Dhuafa yang berada di Jakarta, Bekasi, Bogor, Tangerang, Sukabumi, dan Garut berupa pemberian uang tunai sebesar @Rp300.000 dengan total nilai Rp300.000.000,- serta teknis pemberian santunan dilakukan melalui yayasan masing-masing (20/5/2020)

“Sinergi atau kolaborasi adalah keniscayaan dan kebutuhan kehidupan. Begitu juga mencegah dan menanggulangi dampak wabah Covid 19. Nilai tersebut BMM sadari sejak perencanaan program. Karena itu, BMM membuat Program Gotong Royong Hadapi Covid 19. Alhamdulillaah gayung bersambut. Berbagai lembaga dan perusahaan di berbagai daerah mewujudkan sinerginya dengan BMM dalam menghadapi Covid 19. Terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah bergotong royong. Semoga Allaah menangkan kita dalam menghadapi wabah global ini,” tandas Teten

One Comment on “Gandeng Berbagai Mitra, BMM Tebar Gerakan Kebaikan”

  1. Reading this article was vital for me as it supplied important understandings and detailed details on the topic. The author did an exceptional job in offering the info clearly and engagingly. Congratulations to the author for producing such a well-written and interesting blog site.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *