Bursa Saham Terkapar, Begini Respons OJK

Bursa Efek Indonesia (Foto: Kuncoro Widyo Rumpoko)

JAKARTA, AKSIKATA.COM – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan pihaknya memperhatikan secara ketat perkembangan dan dinamika pasar saham baik global, regional maupun domestik. Otoritas terus berkoordinasi dengan Bursa Efek Indonesia untuk melakukan langkah-langkah yang dibutuhkan sesuai kewenangan.

“Pelemahan IHSG beberapa hari ini sejalan dengan tekanan yang terjadi di berbagai bursa saham dunia yang dilatarbelakangi oleh sentimen negatif penyebaran virus corona yang semakin meluas ke berbagai negara, termasuk Amerika Serikat,” kata Juru Bicara OJK Sekar Putih Djarot di Jakarta, Jumat (28/2/2020).

OJK, menurut Sekar, akan memperhatikan secara ketat perkembangan dan dinamika pasar saham baik global, regional maupun domestik. “OJK akan terus berkoordinasi dengan Bursa Efek Indonesia untuk melakukan langkah-langkah yang dibutuhkan sesuai dengan kewenangan,” ujarnya.

OJK bersama pemerintah dan Bank Indonesia telah dan akan terus mensinergikan kebijakan untuk memberikan stimulus dan menjaga kepercayaan publik khususnya investor.

Pada sesi pertama perdagangan Jumat 28 Februari 2020, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah tajam 223 poin (4,04%) ke posisi 5.311,961. Angka tertingginya di level 5.436,172 atau melemah 99,522 poin dan terendahnya di posisi 5.288,370 atau melemah 247,324 poin dari posisi pembukaan tadi pagi di angka merah 5.436,172.

Sebelumnya, beberapa analis mewanti-wanti agar para pelaku pasar dan investor di bursa saham mempersiapkan skenario terburuk. Pembelian saham pun wajib dilakukan secara ekstra hati-hati alias selektif. Sebab, meski valuasi sudah murah, indeks saham domestik masih terancam.

4 Comments on “Bursa Saham Terkapar, Begini Respons OJK”

  1. The web content of this blog site is merely outstanding! Reviewing this post was crucial for me as it provided useful insights and detailed information on the topic. I was excited by the high quality of the writing and the level of study included. The author did a remarkable task in offering the information plainly and engagingly. Congratulations to the writer for producing such a well-written and useful blog site. I can’t wait to find out more articles here!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *