DNA Pulau Komodo: Special Interest Tourism dan High End Destination

Pulau Komodo (foto: eazytravel)

JAKARTA, AKSIKATA.COM – Usulan Kemenko Maritim agar Pulau Komodo dijadikan destinasi eksklusif dengan tarif khusus didukung penuh oleh Dony Oskaria,  Anggota Komite Ekonomi dan Industri Nasional sekaligus Ketua Pokja Industri Pariwisata KEIN RI.  Menurut Dony,  usulan Kemenko Maritim sudah sesuai dengan kondrat destinasi Pulau Komodo.

“Saya mendukung penuh Pulau Komodo dijadikan destinasi Eksklusif karena DNA wisata warisan dunia tersebut berkategori special interest tourism atau wisata minat khusus.  Oleh karena itu,  destinasi semacam itu harus dikemas secara khusus pula agar tetap bisa mempertahankan prinsip sustainability di satu sisi dan keasliannya di sisi lain”, ungkap Dony kepada awak media,  Sabtu (5/10/19), di Jakarta

Dony menambahkan,  wisata minat khusus memang harus dibanderol dengan tarif premium untuk menunjukan kepada khalayak bahwa Pulau Komodo adalah istimewa dan memang benar-benar unik.  Secara prinsip,  special interest tourism bersifat high cost low impact.  Karena sifatnya khusus, harganya atau cost of productnya juga khusus,   dan impact sosial ekonominya kepada masyarakat sekitar kecil,  apalagi Pulau Komodo berupa sebuah pulau,  yang tak banyak dikelilingi oleh pemukiman penduduk.

Oleh karena itu,  kata Dony,  kekhususan dan keunikan Pulau Komodo akan berakibat pada biaya pengembangan dan perawatannya nanti menjadi tinggi,  sesuai dengan nilai Pulau Komodo yang juga bernilai sangat tinggi. Justru kalau Pulau Komodo dijadikan destinasi mass tourism atau wisata masal, walaupun cost of productnya murah,  ancaman kepunahan dan kerusakan lingkungannya akan sangat besar,  yang akan mengurangi nilai (value)  Pulau Komodo di satu sisi dan menggelembungkan biaya rekonstruksinya nanti jika sudah terlanjur rusak, di sisi lain.

“Jadi,  saya setuju dan mendukung usulan Kemenko Maritim menjadikan Pulau Komodo sebagai destinasi high end dengan cost of product yang sepadan pula.  Harga yang mahal nantinya akan diikuti dengan konsep pengembangan yang eksklusif,  yang ditujukan untuk memberikan pengalaman tersendiri bagi pengunjung.  Selain itu,  harga yang khusus akan mengundang rasa penasaran segmen pasar berkocek tebal di seluruh dunia untuk datang ke Pulau Komodo.  Kami tak sabar menunggu realisasi usulan tersebut,” tutup Dony.

3 Comments on “DNA Pulau Komodo: Special Interest Tourism dan High End Destination”

  1. The material of this blog is simply phenomenal! Reviewing this short article was vital for me as it offered important understandings and in-depth details on the topic. I was impressed by the top quality of the writing and the level of research included. The writer did an amazing job in providing the info clearly and engagingly. Congratulations to the author for producing such a well-written and useful blog. I can not wait to learn more articles here!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *