Kemenhub Diminta Siapkan Penambahan Jumlah Angkutan Umum

JAKARTA, AKSIKATA.COM – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk mempersiapkan penambahan jumlah kapasitas angkutan umum.

Hal tersebut dikatakan Bambang menyikapi adanya potensi kenaikan pemudik angkutan umum menjelang bulan puasa dan Hari Raya Idul Fitri sebesar 4,14% dibandingkan tahun sebelumnya. Data Kemenhub tahun ini mencapai 22,83 juta jiwa.

“Terutama kereta api yang merupakan moda transportasi dengan jumlah pemudik paling besar sehingga dapat lebih banyak menampung penumpang,” ujar Bambang kepada wartawan di Jakarta, Selasa (23/4/2019).

Bambang juga mendorong Direktorat Jenderal Perkeretaapian untuk melakukan pengecekan seluruh jalur kereta api, serta memperbaiki jalur-jalur yang masih kurang baik, terutama di daerah yang rawan terjadi longsor.

“Agar dapat meminimalisasi terjadinya kecelakaan dan jadwal keberangkatan kereta api dapat tepat sesuai waktu yang telah ditentukan,” katanya.

Bambang menambahkan, pihaknya mendorong Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Ground Staff, dan petugas Air Traffic Control (ATC) untuk memastikan seluruh keadaan maskapai penerbangan laik terbang dan menambah jadwal keberangkatan pesawat.

“Mengingat menjelang bulan puasa dan Hari Raya Idul Fitri jumlah pemudik melalui pesawat meningkat sebanyak 3,17% dari tahun sebelumnya,” katanya.

Selanjutnya Bambang mendorong Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dan Syahbandar untuk memastikan seluruh keadaan kapal laut telah memenuhi syarat dan ketentuan untuk digunakan sebagai sarana transportasi, serta memastikan jumlah penumpang maupun kendaraan yang ada di dalam kapal tidak overload.

Selain itu Bambang mendorong Direktorat Jenderal Perhubungan Darat untuk memastikan bis-bis atau kendaraan yang digunakan pemudik telah memenuhi syarat dan ketentuan untuk digunakan sebagai sarana transportasi.

“Serta memastikan mesin-mesin tol dapat berfungsi dengan baik dan perbaikan-perbaikan di jalan sudah diselesaikan, sehingga dapat meminimalisir terjadinya kemacetan lalu lintas,” katanya.

Bambang juga meminta kepolisian untuk meningkatkan keamanan di jalanan dan titik-titik yang ramai pemudik beristirahat, sehingga pemudik dapat melakukan perjalanan dengan aman dan nyaman.

“Mengimbau kepada seluruh masyarakat yang akan mudik menjelang bulan puasa dan Hari Raya Idul Fitri untuk selalu menjaga ketertiban dalam berlalu lintas serta selalu waspada dan berhati-hati di perjalanan,” tukasnya. (HOLANG)

3 Comments on “Kemenhub Diminta Siapkan Penambahan Jumlah Angkutan Umum”

  1. Reviewing this article was important for me as it offered important understandings and in-depth information on the subject. The author did an exceptional work in providing the information clearly and engagingly. Congratulations to the writer for developing such a useful and well-written blog.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *