Dosen Universitas BSI Beri Latihan Fotografi Menggunakan Smartphone kepada Kazama

BEKASI, AKSIKATA.COM – Sejumlah dosen Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PM) bekerjasama dengan Sekolah Pelangi Bunda Kazama, sebuah pusat terapi dan bimbingan belajar anak-anak berkebutuhan khusus di Perumahan Griya Asri 1 Jl. Bungur Blok B 14 no.7, Tambun Selatan, Bekasi, Minggu (22/9/2024) lalu.

Kegiatan pengabdian masyarakat yang beranggotakan dosen dan mahasiswa yakni Sri Wulandari, Windu Triastuti, Keriyono, Faris Saputra Dewa, Titen Bestari, Nurani Putri Ramadi dan Athalita Hardiningtyas, ini dilakukan dalam rangka memenuhi Tridharma Perguruan Tinggi dalam wujud memberikan pelatihan fotografi dengan menggunakan kamera smartphone untuk sarana promosi. Hal ini dilakukan agar pengurus dan guru-guru Sekolah Pelangi Bunda Kazama dapat menghasilkan foto yang menarik dan mengandung nilai estetik, sehingga foto-foto tersebut dapat mendukung promosi sekolah.

Much. Yusuf, pendiri Sekolah Pelangi Bunda Kazama mengucapkan rasa terima terima kasihnya atas kehadiran dosen-dosen dan mahasiswa UBSI yang mau berbagi ilmu untuk pengembangan sekolah tersebut. Apalagi, Sekolah Pelangi Bunda Kazama Bekasi merupakan sekolah yang memberikan terapi dan bimbingan belajar untuk membantu tumbuh kembang anak-anak berkebutuhan khusus secara optimal, sangat membutuhkan keterampilan memotret dengan menggunakan kamera yang sudah menjadi kebutuhan masyarakat.

“Melalui pelatihan ini, kami mendapat masukan dari para dosen mengenai cara membuat foto yang menarik dengan melihat pencahayaan, komposisi gambar, angle atau sudut pandang, editing, dan sebagainya,” terangnya.

Menurut Sri Wulandari, Ketua kelompok Pengabdian Masyarakat, belajar fotografi menggunakan smartphone memiliki banyak manfaat, terutama di era digital saat ini. “Karena hampir semua orang memiliki smartphone, kamera smartphone selalu siap untuk digunakan, dan bisa langsung membagikan hasil foto ke media sosial,” jelasnya.

Para peserta sangat antusias dan berharap pengabdian masyarakat ini diadakan kembali dengan materi bahasan yang lebih mendalam, terutama tentang tips dan trik mempromosikan foto melalui media social. Kuesioner disebar di sela-sela acara sebagai upaya mendapat respon para peserta yang hadir pada kegiatan pelatihan tersebut. Hasil pantauan kuesioner yang telah diisi peserta, rata-rata positif dan mayoritas menyarankan agar diadakan lagi dengan topik yang tidak kalah menarik.