BPTJ Uji Coba BISKITA Trans Depok

 

DEPOK, AKSI KATA. COM – Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengelola Transportasi Jaboetabek memulai uji coba layanan buy the service (BTS) di Kota Depok pada Senin, 1 Juli 2024 sebelum nantinya diresmikan oleh Menteri Perhubungan dalam waktu dekat.

Uji coba diawali dengan sosialisasi di Kantor Walikota Depok yang bertujuan untuk memperkenalkan armada BISKITA kepada perangkat daerah di Kota Depok dalam apel pagi rutin.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Depok Muhammad Idris, menyampaikan terima kasih kepada BPTJ Kementerian Perhubungan yang telah memberikan subsidi peningkatan layanan angkutan massal dengan skema BTS di Kota Depok.

“Layanan ini nantinya akan merubah paradigma masyarakat Kota Depok menjadi lebih tertib karena harus naik dan turun pada tempat yang telah ditentukan. Kami berharap nantinya masyarakat dapat memanfaatkan dan menjaga apa yang sudah diberikan pemerintah pusat”, jelas Idris.

Uji coba akan dilanjutkan dengan mengoperasikan BISKITA Trans Depok pada 1 koridor yang telah ditetapkan yaitu Terminal Margonda-LRT Harjamukti.

Sekretaris BPTJ, Dedy Cahyadi menyampaikan, uji coba ini untuk memastikan armada yang akan beroperasi, perangkat IT, bus stop/halte, rute, pramudi dan dampak sosial yang kemungkinan timbul.

“Kami akan melaksanakan test rute untuk armada yang telah siap sebagai langkah awal untuk memberitahukan kepada publik”, jelas Dedy dalam keterangan yang disampaikan di Jakarta.

Dedy menambahkan hasil uji coba ini akan dijadikan bahan evaluasi bagi BPTJ untuk melakukan perbaikan-perbaikan sebelum secara khusus akan di _launching_ pengoperasiannya oleh Menteri Perhubungan.

“Kami berharap uji coba ini juga dapat dijadikan media untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat Kota Depok. Dengan mengaspalnya BISKITA diharapkan masyarakat dapat melihat secara langsung dan mengenal lebih dekat “, ungkap Dedy.

Dalam kesempatan terpisah di kantor Dinas Perhuhungan (1/7), Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok Zamrowi menyampaikan bahwa dalam jangka waktu 2 minggu kedepan akan segera mensosialisasikan BISKITA bersama-sama dengan BPTJ.

“Kami telah melakukan penjajakan dengan para penggiat dan influencer serta komunitas yang ada di Kota Depok untuk nantinya dapat menggaungkan kehadiran BISKITA Trans Depok”, tambah Zamrowi.

BISKITA merupakan akronim dari Bus Inovatif, Solusi Transportasi Perkotaan Terintgrasi dan Andal. Kota Depok merupakan kota ketiga setelah Kota Bogor yang telah menerima BTS pada tahun 2021 dan Kota Bekasi pada tahun 2023.

Diharapkan dengan hadirnya BISKITA dapat memodernisasi angkutan umum, mengurangi kendaraan pribadi dan mengurangi polusi di Jabodetabek.

10 Comments on “BPTJ Uji Coba BISKITA Trans Depok”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *