Mahasiswa IT Ingin Jadi Entrepreneur? Bisa Dong, Ini Ide Bisnis yang Bisa Dicoba

JAKARTA, AKSIKATA.COM-– Tidak ada batasan ilmu dan tingkatan untuk menjadi seorang entrepreneur. Hampir semua bidang ilmu dan tingkatan pendidikan bisa dimanfaatkan untuk menjadi entrepreneur. Termasuk mahasiswa bidang Information Technology (IT). Mahasiswa IT memiliki keuntungan tersendiri dalam menjalankan bisnis karena memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam teknologi informasi dimana bidang tersebut merupakan bidang yang sedang berkembang saat ini.

Mahasiswa IT di Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) yang ingin memulai bisnis, berikut rekomendasi dari Nusa Mandiri Entrepreneur Center (NEC) yang bisa dicoba:

1. Konsultan IT
Mahasiswa IT pasti memiliki pengetahuan dan pengalaman lebih dalam bidang IT, dapat memberikan saran kepada bisnis atau individu tentang bagaimana mengoptimalkan infrastruktur TI (Teknologi Informasi), seperti analisis kebutuhan, desain solusi yang tepat, dan implementasi teknologi yang sesuai.

2. Pendidikan Online
Dengan bekal kemampuan IT, mahasiswa dapat membuat konten pendidikan seperti tutorial, kursus, atau webinar tentang topik IT tertentu dan menjualnya kepada audiens yang ingin belajar secara online, penyusunan materi yang terstruktur dan penggunaan platform pembelajaran online.

3. Jasa Pembuatan Website
Dengan pengetahuan tentang pengembangan web, mahasiswa dapat menawarkan layanan pembuatan situs web kepada berbagai klien, mulai dari bisnis kecil hingga organisasi besar. pembuatan situs web yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi klien menggunakan berbagai platform dan bahasa pemrograman.

4. Jasa Pengelolaan Media Sosial
Banyak bisnis yang membutuhkan bantuan dalam mengelola dan memperbarui akun media sosial mereka secara teratur. Mahasiswa bisa menawarkan jasa pengelolaan media sosial untuk membantu mereka memperluas jangkauan online mereka seperti pembuatan dan penjadwalan posting, interaksi dengan pengikut dan analisis kinerja platform media sosial.

Menurut Maruloh selaku kepala NEC mengatakan dengan mempertimbangkan kemampuan, minat dan tujuan mahasiswa dengan bidang ilmu IT, maka dapat memilih salah satu atau beberapa dari rekomendasi di atas untuk memulai bisnis.

“Menjadi entrepreneur tidak melulu harus dari prodi kewirausahaan, akan tetapi dari sikap dan minatnya yang komitmen pada berani mencoba dan ingin menjadi wirausaha sukses,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *