Begini Tips Menghemat Listrik Agar Tagihan Tidak Bengkak!

JAKARTA, AKSIKATA.COM – Tagihan listrik yang meningkat sering jadi kekhawatiran setiap orang. Apalagi saat ini aktivitas sehari-hari banyak mengandalkan listrik, khususnya pada perangkat elektronik seperti AC, Lampu dan lainnya yang jadi salah satu penyebab tagihan listrik membengkak. Namun, banyak cara agar kamu tetap bisa menghemat listrik dan tagihan tidak membumbung tinggi.

Menurut Bintang Setiawan selaku Chief Operation Officer Deon menyampaikan, “Salah satu penerapan smart home adalah untuk mengendalikan atau mengurangi biaya konsumsi energi. Dengan hadirnya Deon, diharapkan mampu mendukung peningkatan kualitas hidup dan gaya hidup modern bagi penggunanya. Deon mengedepankan kualitas material yang kokoh dan premium sehingga dapat digunakan dalam waktu jangka panjang.”

Bintang memaparkan ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghemat listrik, diantaranya:

1. Cabut kabel jika tidak digunakan
Buat kamu yang sering mengisi daya smartphone dan meninggalkannya begitu saja hingga berjam-jam padahal sudah terisi penuh, juga bisa jadi salah satu penyebab tagihan listrik membengkak. Hal ini karena arus listrik pada stop kontak terus mengalir. Agar tagihan listrik tidak bengkak, kamu bisa mulai cabut kabel dari stop kontak jika sudah tidak digunakan. Namun, banyak sebagian dari kita masih lupa untuk melakukan hal tersebut. Solusinya, kamu bisa menggunakan stop kontak Smart Electrical dari Deon yang sudah dilengkapi Time Schedule.

2. Gunakan lampu LED
Dibandingkan lampu bohlam biasa, lampu LED ternyata mampu menghemat penggunaan listrik kamu, lho. Walaupun sedikit lebih mahal, namun kamu bisa merasakan pencahayaan terang dengan watt yang lebih rendah. Tak cuma itu, dengan Smart Lighting dari Deon kamu juga bisa mendapatkan keuntungan lainnya seperti fitur time schedule, dimmer dengan pilihan 16 juta warna atau RGB (merah, hijau, biru) putih, dan kuning. Semua fiturnya bisa kamu atur dengan mudah menggunakan aplikasi Deon Smart Living pada smartphone kamu.

3. Jangan terlalu sering mencuci baju
Sering mencuci baju menggunakan mesin cuci juga jadi salah satu pemborosan listrik. Untuk mengurangi penggunaan listrik pada mesin cuci, sebaiknya kamu cukup mencuci baju 1-2 kali seminggu. Mencuci baju dengan kapasitas yang besar dalam satu waktu justru lebih menghemat penggunaan listrik dibandingkan mencuci baju berkali-kali. Untuk mengeringkannya, alih-alih menggunakan pengering pada mesin cuci, kamu bisa menjemur pakaian hingga kering di bawah sinar matahari. Sehingga penggunaan listrik lebih hemat.

4. Beralih ke peralatan elektronik yang hemat energi
Saat ini sudah banyak alat elektronik yang menawarkan fitur hemat energi. Kamu bisa beralih dari alat elektronik yang biasanya berdaya besar seperti AC, mesin cuci, kulkas dengan alat elektronik serupa namun disertai fitur hemat energi.

5. Tanaman hijau di lingkungan rumah
Tidak cuma dijadikan sebagai dekorasi, menambahkan tanaman hijau di sekitar rumah juga dapat membuat lingkungan rumah lebih sejuk dan tampak segar. Saat cuaca panas sekalipun kamu juga tidak terlalu merasa kegerahan. Sehingga penggunaan listrik kamu bisa jadi lebih hemat.

6. Memaksimalkan penggunaan jendela
Memberi celah untuk cahaya masuk ke dalam rumah saat siang hari melalui jendela jadi salah satu cara alami untuk menghemat penggunaan listrik seperti lampu. Namun, agar cahaya yang masuk tidak berlebihan, kamu bisa tambahkan lapisan gorden untuk melapisi jendela. Selain mencegah cahaya berlebihan yang masuk, adanya gorden pada jendela juga memberikan privasi pada ruangan.

 

2 Comments on “Begini Tips Menghemat Listrik Agar Tagihan Tidak Bengkak!”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *