Kaya Senyawa, Ini Khasiat Daun Mengkudu

Daun mengkudu kaya manfaat. (sidomi)

JAKARTA, AKSIKATA.COM – Tahukah Anda, ternyata tak hanya buah mengkudu atau biasa disebut dengan pace yang memiliki banyak maanfaat kesehatan bagi tubuh kita, tetapi juga daunnya. Daun mengkudu juga memiliki khasiat yang tak kalah hebat karena memiliki banyak kandungan alami yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Buah pace yang memiliki penampilang kurang menarik, rasa tidak enak dan bau menyengat ini dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, di antaranya menurunkan hipertensi dan kolesterol, mengobati asam urat, diabetes, antikanker.

Lalu apa khasiat daun mengkudu? Masyarakat keturuan Betawi biasanya menggunakan daun mengkudu muda diolah bersama Nasi Goreng Betawi. Bahkan, daun muda juga bisa dijadikan sayur dengan ditumis bersama cabe hijau. Sementara masyarakat Aceh menggunakan daun mengkudu sebagai salah satu bahan nicah peugaga yang sering muncul sebagai menu wajib buka puasa.

Adapun khasiat daun mengkudu adalah:

1. Di dalam daun mengkudu ternyata ada senyawa alami yang berkhasiat untuk mengobati berbagai jenis penyakit dan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga dapat terhindari dari penyakit-penyakit. Senyawa itu, seperti: antrakuinon, alkaloid, saponin, flavanoid, dan terpenoid yang berperan sebagai antibakteri.

2. Daun mengkudu juga mengandung senyawa antioksidan sebesar 19.08 persen yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan membunuh sel-sel kanker. Dengan mengonsumsi air rebusan daun mengkudu secara rutin, gejala kanker akan berkurang dan pertumbuhannya pun menjadi terhambat. Selain itu daun mengkudu ini dapat memberikan nutrisi pada jaringan dan sel-sel kulit, melawan radikal bebas, melindungi kulit dari polusi, serta membuatnya tampak kenyal dan sehat. Efeknya, wajah kita bisa awet muda.

3. Daun mengkudu juga mengandung anti inflamasi yang bisa membasmi bakteri dan virus penyebab peradangan.

4. Mengkonsumsi rebusan daun mengkudu akan membantu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh, dengan begitu tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Ini karena daun mengkudu memiliki kandungan fitonutrien. Dengan kandungan tersebut, maka daun mengkudu bisa mencegah risiko terjadinya tekanan darah tinggi.

5. Daun mengkudu dipercaya dapat membantu mengurangi penumpukan trigliserida yang tersimpan dalam sel-sel lemak di tubuh. Sehingga jika kita sering mengonsumsi daun mengkudu, tubuh akan langsing.

6. Daun mengkudu mengandung senyawa tertentu yang dapat mencegah timbulnya penyakit degeneratif. Dengan rutin mengonsumsinya, setidaknya satu kali dalam seminggu, risiko pengembangan penyakit serius seperti penyakit jantung, gangguan hati, gangguan pembuluh darah, dan penyakit pada organ-organ lainnya, seperti stroke dapat dicegah.

7. Kandungan yang ada didalam daun mengkudu dapat menstimulasi serotonin, hal ini dapat membantu melancarkan sistem pencernaan.

8. Daun mengkudu ternyata bisa untuk menyebmbuhkan jerawat. Caranya rebus daun mengkudu dan gunakan air rebusannya untuk membersihkan jerawat yang ada diwajah.

9. Rutin mengonsumsi air rebusan daun mengkudu ternyata juga bermaanfaat untuk mempelancar siklus haid.

4 Comments on “Kaya Senyawa, Ini Khasiat Daun Mengkudu”

  1. Reading this article was essential for me as it supplied useful insights and detailed details on the subject. The writer did a remarkable work in presenting the information plainly and engagingly. Congratulations to the writer for creating such a well-written and interesting blog site.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *