Gempa Malang, Ratusan Bangunan Rusak Parah

foto: @bpbdkabmalang

MALANG, AKSIKATA.COM – Gempa berkekuatan magnitudo 6,7 terjadi di Kabupaten Malang pukul 14.00 WIB. Meski tidak berpotensi tsunami, akibat gempa tersebut, terjadi sejumlah kerusakan. Selain itu, gempa juga terasa sampai Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat hingga Daerah Istimewa Yogyakarta.

Menurut Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati, gempa Malang berkuatan menengah dan terbentuk karena aktivitas di pertemuan antar lempeng tektonik atau subduksi. Getaran gempa bervariasi di berbagai daerah. Guncangan gempa terasa paling kuat Turen dengan skala V MMI.

Kerasnya kekuatan gempa menyebabkan warga panik dan lari berhamburan keluar gedung dan rumah. Kerusakan bangunan dilaporkan terjadi di Kabupaten Malang, Blitar, dan Lumajang.

Dilansir dari twitter BPBD Kabupaten Malang dengan akun @bpbdkabmalang disebutkan, “Dampak gempa bumi di wilayah kabupaten malang siang tadi, kerusakan terjadi di beberapa titik, banyak rumah warga di wilayah kabupaten malang yang terdampak gempa, tim bpbd kabupaten malang masih mengumpulkan informasi lebih lanjut.”

BMKG melaporkan gempa tersebut terjadi pada pukul 14.00 WIB.Titik koordinat gempa terjadi pada 8,95 Lintang Selatan dan 112,48 Bujur Timur. Episenter gempa berada di laut dengan jarak 90 km dari arah barat daya Kabupaten Malang. Gempa memiliki kedalaman 25 km.

Berikut foto-foto kerusakan akibat gempa yang diambil drai twitter @bpbdkabmalang:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




Enter Captcha Here :