Inilah Tips Kuliah Online Efektif, Agar IPK Tidak Turun

JAKARTA, AKSIKATA.COM – Himbauan pemerintah agar perkuliahan dilakukan di rumah saja, secara daring, membuat mahasiswa mengalami kesulitan dalam mengikuti kuliah online. Berbagai kendala pun dihadapi mahasiswa saat mengikuti kuliah online.

“Ada banyak masalah yang dihadapi mahasiswa dalam kuliah online ini, tips ini dirangkum dari kendala yang dihadapi oleh mahasiswa-mahasiswa di kampus STMIK Nusa Mandri, mulai dari menghadapi masalah sinyal, tugas yang menumpuk hingga nilai IPK yang menurun,” tutur Ketua Sekolah Tinggi Manejemen Informatika dan Komputer (STMIK) Nusa Mandiri, Dwiza Riana pada keterangan pers, Kamis (21/1/2021).

Beberapa tips kuliah online efektif agar IPK tidak turun, yakni jangan lupakan kehadiran dan aktif saat kuliah online.

“Ketika kuliah online, kehadiran mahasiswa bisa menunjang nilai. Untuk itu, kehadiran dan keaktifan mahasiswa saat kuliah online dapat mempengaruhi nilai,” ujarnya.

Kedua, yakni fokus dan pantang menyerah. Menurut Dwiza, dalam kuliah online yang tidak bisa saling tatap muka secara langsung bisa menghambat proses belajar mengajar. Untuk itu Dwiza mengharapkan kepada mahasiswa agar fokus dan pantang menyerah.

“Tips ketiga, harus cepat beradaptasi. Kalau nanti sudah selesai pandemi, era pun akan berubah. Mungkin nanti dimulai dengan blanded learning, tetap ada kuliah tatap muka tetapi menjalankan juga kuliah onlinenya seperti apa yang dilakukan oleh kampus STMIK Nusa Mandiri yang bekerja sama dengan Pintaria,” pungkasnya.

Kerja sama tersebut menjadi modal untuk menciptakan layanan pendidikan yang diberikan oleh kampus STMIK Nusa Mandiri agar optimal pada mahasiswa. Penerapan blended learning dapat memudahkan mahasiswa dengan sistem pembelajaran yang fleksibel.

“Kehadiran Pintaria dapat membantu mahasiswa yang terkendala waktu, biaya dan tempat bisa terpecahkan dengan blended learning yang dapat diakses secara fleksibel,” jelasnya.

Tips keempat yang wajib diterapkan yakni tidak menunda mengerjakan tugas dari dosen. Jika diberikan tugas oleh dosen, sebaiknya langsung dikerjakan. Jangan menumpuk tugas tersebut.

“Dan tips kelima yaitu mahasiswa dan dosen perlu saling membangun suasana belajar virtual agar tetap asyik dan tidak membosankan,” katanya.

Tips terakhir ini, Dwiza menyebutkan, koordinasi dengan ketua kelas dan dosen menjadi tips penting dalam menjalani kuliah online.

“Perlu adanya komunikasi antara perwakilan mahasiswa atau ketua kelas bersama dengan dosen agar perkuliahan berjalan lancar dan efektif tanpa kendala yang berarti,” tandasnya.

3 Comments on “Inilah Tips Kuliah Online Efektif, Agar IPK Tidak Turun”

  1. The content of this blog site is simply remarkable! Reviewing this write-up was essential for me as it gave important insights and in-depth information on the topic. I was impressed by the quality of the writing and the level of research entailed. The author did an amazing work in providing the details clearly and engagingly. Congratulations to the author for developing such a well-written and interesting blog. I can’t wait to learn more posts here!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *