Kopi Solong, Nikmatnya Kopi Aceh Legendaris

Kopi Solong (foto: Kuncoro WR)

JAKARTA, AKSIKATA.COM – Tahukah Anda, Aceh terkenal dengan rasa kopinya yang enak. Di provinsi ini, penduduknya memiliki budaya ngobrol bareng sambil minum kopi di warung kopi. Tak heran jika Aceh dijuluki sebagai Negeri Seribu Kedai Kopi.

Jika bertandang ke sini, maka serasa wajib bagi kita mendatangi salah satu kedai Kopi Solong , yang cukup legendari. Kedai kopi ini berada di kawasan Simpang Tujung, Ulee Kareng, Banda Aceh. Tepatnya di Jalan T Iskandar No 13-14, Ulee Kareng, Banda Aceh.

Selain aneka kopi Aceh seperti kopi Gayo, Kedai Kopi Solong juga menawarkan beragam cita rasa kopi yang bisa dinikmati pelanggannya. Ramuan kopi ini makin terasa kenikmatannya karena menggunakan campuran jagung, biji jagung, gula, dan mentega. Semua ramuan itu dipadukan dengan biji kopi robusta.

Nama kedai ini berasal dari pemilik kedai yang bernama Muhammad Saman atau Abu Solong yang kerap dipanggil dengan nama Solong. Semula kedai kopi legendaris ini  bernama Jasa Ayah dan sudah mulai beroperasi sejak tahun 1974.

Menurut Haji Nawi, pemilik saat ini dari generasi kedua, Solong adalah nama ayahnya. Pelanggan menjadi lebih akrab dengan nama panggilan itu dan mulai memanggil kedai kopi sebagai Kopi Solong. Panggilan itu disematkan saat ia bekerja untuk orang Tionghoa.

Kedai Kopi Solong dari daerah Ulee Kareng ini sudah terkenal baik di dalam negeri sampai ke luar negeri. Bahkan, banyak  orang penting seperti pejabat negara, seniman, dan tokoh masyarakat lainnya yang bertandang ke sini.

Dengan tetap mempertahankan konsep tradisionalnya, minuman Kopi di kedai ini terkenal dengan warna hitamnya yang tidak terlalu pekat, namun rasa pahitnya cukup kental dan nikmat saat menyentuh lidah. Aroma harumnya sangat wangi yang hampir tanpa ampas dengan cara penyajiannya yang khas.

Para Barista di kedai ini membuat kopi dengan cara dan alat yang unik. Dengan menggunakan saringan yang terbuat dari kain seperti kaos kaki, menyaring seduhan air kopi dan air mendidih  dengan rasa yang sempurna.

Selain aneka kopi Aceh, di kedai ini juga menyediakan cemilan kue-kue tradisional Aceh seperti Kue Ade, Timpan, Kue Jala dan lainnya. Setiap harinya, Kedai Kopi Solong Ulee Kareng ini bisa menjual 2.500 gelas kopi. Kedai ini buka dari pukul 06.00 hingga 23.00 dengan harga kopi yang ditawarkan bervariasi, mulai dari Rp 7.000 sampai Rp 19.000. (Kuncoro Widyo Rumpoko_

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




Enter Captcha Here :