Demi Keamanan Debat Calon Bupati Sampang Bakal Digelar Di Luar Daerah

Foto : RRI

JAKARTA-AKSIKATA.COM – Debat publik kedua pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Sampang ternyata malah bakal digelar di luar daerah.

Perihal ini setelah  mempertimbangkan  adanya potensi kerawanan yang cukup tinggi.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang telah mempersiapkan tema dan topik  untuk debat para kandidat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Koordinator Divisi Pendidikan Pemilih, Parmas, dan SDM KPU Sampang, Suhariyanto mengatakan bahwa dalam agenda debat kandidat itu pihaknya telah menyiapkan tiga tema, di antaranya tentang peningkatan kesejahteraan rakyat, mengentaskan problem daerah serta program kerja.

“Tiga tema yang dipersiapkan untuk debat kandidat itu telah ditetapkan oleh KPU Sampang,” terang Suhariyanto , pada hari Sabtu (26/10/2024).

Ada pertanyaan mengenai lokasi debat kandidat nanti.

Suhariyanto mengatakan bahwa lokasi debat kandidat tersebut dilaksanakan di Surabaya.

“Lokasinya di Surabaya karena mempertimbangkan kondusifitas dan kelancaran kegiatan,” imbuh Suhariyanto.

Dia juga  menambahkan bahwasanya untuk jadwal pelaksanaan debat nanti, dimulai tanggal 4, 12, dan 20 November 2024.

Debat Kandidat tersebut berlangsung secara terbuka yaitu di Surabaya 2 kali dan 1 kali di Kabupaten Sampang.

“Jadi kemungkinan nanti ada juga yang digelar di Sampang, karena jadwalnya tiga kali,” ujar Suhariyanto lagi.

Sekedar untuk diketahui, Pilkada serentak 2024 di Kabupaten Sampang nanti, diikuti oleh dua pasangan calon Bupati dan calon Wakil Bupati.

Urutan peserta yang pertama dengan nomer urut satu Paslon KH. Muhammad bin Muafi Zaini dan H. Abdullah Hidayat (Mandat), kemudian yang kedua nomor urut dua yakni H. Slamet Junaidi dan Akhmad Mahfud (Jimad)

Dari keempat calon pemimpin Kabupaten Sampang itu , semua mempunyai latar belakang yang berbeda-beda .

KH. Muhammad bin Muafi Zaini dikenal sebagai  mantan anggota DPRD Provinsi Jatim dari partai Golkar berpasangan dengan H. Abdullah Hidayat yang juga dikenal sebagai mantan wakil Bupati Sampang periode 2019-2024.

Selanjutnya H. Slamet Junaidi sendiri adalah juga mantan Bupati Sampang periode 2019-2024 yang sebelumnya berpasangan dengan H. Abdullah Hidayat.

Akan tetapi, oleh sebab mantan Bupati dan wakil Bupati itu pecah kongsi maka H. Slamet Juandi mengambil keputusan untuk memilih calon wakil Bupati baru yaitu Akhmad Mahfud yang berasal dari lingkungan  ulama asal Kecamatan Sokobanah.(dn)