Abdul Sobur Dapat Amanah “Tongkat Soekarno”

Kegemarannya mengkoleksi benda-benda bersejarah, akhirnya Abdul Sobur warga, Kalimulya, Depok ini dititipkan oleh salah seorang kerabatnya sebuah tongkat komando, yang menurut temannya dari Lombok itu adalah tongkat komando milik mendiang Presiden RI pertama, Soekarno.
“Soal kebenaran tongkat tersebut, saya kurang paham, karena yang penting bagi saya adalah merawat amanat dari teman saya,” ujar Sobur, yang merupakan juga tokoh agama di wilayah Kalimulya ini.
Terlebih dirinya adalah salah seorang yang memang kerap menyukai cerita-cerita kepahlawanan di Tanah Air. “Jadi apa salahnya jika saya merawat benda-benda yang dibilang orang memiliki nilai sejarah,” kata pengelola Yayasan Darul Amanah Kalimulya Depok ini.
Dikatakannya, tongkat yang terdapat “tulisan Arab” pada batangnya tersebut diperoleh dari temannya yang berasal dari Lombok. “Soal kebenaran benda itu saya kurang paham, dan tongkat itu saya dapat dari sahabat saya yang katanya berasal dari Lombok, dan saya tidak ingin benda tersebut diukur dari nilai mistisnya, sebab saya hanya menilai dari amanah saja, apalagi saya sampai saat ini masih terus mengumpulkan benda-benda unik, atau benda apapun yang dulunya memiliki peristiwa budaya,” tegas Sobur.
Memang di padepokannya, Sobur pun memperlihatkan sejumlah benda lampau, seperti alu untuk menumbuk gabah yang digunakan sejak tahun 1940 an, dan juga ada kwali yang digunakan untuk memasak Dodol Depok, dan beberapa benda lainnya.
“Mumpung momennya pas bertepatan HUT RI, maka sambil saya bersih-bersih, benda-benda itu saya pajang,” tuturnya.