Bandara Sultan Thaha Jambi Tiga Kali Terbaik di Asia Pasifik Pilihan Traveler

JAKARTA,AKSI KATA.COM   – Indonesia memiliki Bandara dengan status tiga gelar juara sebagai yang terbaik di kawasan Asia Pasifik berdasarkan penilaian penumpang pesawat.

Pada ajang Airport Service Quality Awards 2021 yang dihelat Airport Council International (ACI) di Krakow, Polandia, 14 September 2022, Bandara Sultan Thaha di Jambi yang dikelola PT Angkasa Pura(AP)  II diumumkan meraih penghargaan Best Airport by Size and Region 2021 (under 2 million passenger per year in Asia-Pacific).

Penghargaan yang diberikan itu melengkapi gelar serupa yang telah diraih Bandara Sultan Thaha pada 2020 dan 2018.

Director of Commercial and Services AP,  II Mohammad Rizal Pahlevi mengatakan, keberhasilan Bandara Sultan Thaha menyegel gelar ke tiga kali sebagai yang terbaik di Asia Pasifik menjadi pelecut untuk selalu memberikan pelayanan terbaik di seluruh bandara yang diokelola perseoran.

“Kami berterima kasih atas dukungan masyarakat Jambi sehingga Bandara Sultan Thaha dapat meraih gelar yang sangat bergengsi ini. Bandara Sultan Thaha berkomitmen untuk dapat menjaga kepercayaan dan selalu menjadi kebanggaan masyarakat Jambi,” ujarnya di Tangerang, Selasa,(20/9).

Dalam 4 tahun terakhir, tepatnya periode 2018 – 2021, Bandara Sultan Thaha berhasil menjadi yang terbaik sebanyak 3 kali untuk kategori Best Airport by Size and Region (under 2 million passenger per year in Asia-Pacific). Menjadi yang terbaik selama 3 kali dalam 4 tahun terakhir membuktikan konsistensi Bandara Sultan Thaha dalam memberikan yang terbaik bagi traveler.

Mohammad Rizal Pahlevi menambahkan, survei terhadap para traveler dilakukan sangat kompleks dan sesuai standar dari ACI, untuk mendapatkan hasil survei yang benar-benar faktual.

“Penghargaan dari ACI sebagai organisasi yang menaungi seluruh bandara di dunia ini sekaligus menunjukkan Bandara Sultan Thaha mampu memberikan pelayanan terbaik kepada traveler di dalam setiap kondisi apapun, termasuk di tengah pandemi COVID-19,” ujar Mohammad Rizal Pahlevi.

ASQ Awards  merupakan ajang tahunan yang digelar ACI guna memberikan penghargaan kepada Bandara-bandara di seluruh dunia berdasarkan pengalaman traveler dari hasil Survei Keberangkatan dan Survei Kedatangan, yang mengukur antara lain berbagai fasilitas komersial; berbagai fasilitas umum seperti toilet; keandalan WiFi; kualitas personel pelayanan; flow penumpang pesawat (waktu tunggu di security check point, waktu tunggu antrean saat check in, jarak berjalan kaki di dalam terminal); lounge eksekutif/bisnis; dan flight information display system.

Executive General Manager Bandara Sultan Thaha, Siswanto menuturkan, keberhasilan Bandara Sultan Thaha menyabet 3 kali gelar sebagai terbaik di Asia Pasifik tidak lepas dari terminal baru yang mulai dioperasikan sejak 27 Desember 2015.

“Terminal baru ini memiliki luas sekitar 12.000 meter persegi yang dapat menampung hingga 1,6 juta penumpang per tahun. Sejalan dengan terminal baru ini, standar pelayanan dan operasional bandara pun meningkat,” ujar Siswantom

Dengan desain yang moderen, berkelas dan tetap mengutamakan kearifan lokal, terminal baru membuat Bandara Sultan Thaha menjadi ikon Kota Jambi dan kebanggaan masyarakat.

Sejalan dengan adanya terminal baru, Bandara Sultan Thaha dilengkapi sejumlah fasilitas guna membuat nyaman traveler dalam melakukan penerbangan di bandara, antara lain fixed bridge untuk layanan garbarata sehingga mempermudah penumpang naik maupun turun pesawat, mesin self check in, area komersial, boarding lounge yang nyaman, VIP lounge, dan beragam fasilitas lainnya.

Pada ajang ASQ Awards Bandara Sultan Thaha juga berhasil meraih penghargaan Best Hygiene Measures by Region 2021. 

Penghargaan tersebut diberikan ACI kepada setiap bandara yang memiliki prosedur dan layanan baru di tengah pandemi Covid -19 sesuai keinginan traveler guna memenuhi kebutuhan mereka, dan untuk memastikan lingkungan bandara tetap bersih dan aman di tengah pandemi.

Penghargaan Best Hygiene Measures by Region 2021 ini juga diberikan kepada 5 bandara AP II lainnya yaitu Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Bandara Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Bandara Supadio (Pontianak), Bandara Depati Amir (Pangkalpinang), Bandara Kualanamu (Deli Serdang).

Hanya ada 10 Bandara di Asia Pasifik yang meraih penghargaan Best Hygiene Measures by Region 2021, dan sebanyak 6 Bandara adalah Bandara AP II. Ini menjadi bukti bahwa AP II sangat fokus berupaya mewujudkan perjalanan yang sehat dan aman di tengah pandemi COVID-19, agar sektor penerbangan nasional dapat memberikan kontribusi signifikan dalam penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi nasional.

ACI menyatakan di tengah pandemi Covid -19 ini setiap Bandara harus mampu melakukan penyesuaian serta mengadopsi teknologi baru dan menentukan berbagai proses guna mengakomodir keinginan pelanggan.

AP II melakukan berbagai inovasi guna memastikan protokol kesehatan terjaga dengan baik di seluruh Bandara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




Enter Captcha Here :