Kue Kontol Kejepit Khas Yogyakarta, Rasanya Bikin Nagih

foto: @jogjakakilima

YOGYAKARTA, AKSIKATA.COM – Bila bertandang ke Yogyakarta, jangan kaget jika Anda menemukan panganan ringan bernama Kontol Kejepit atau disingkat Tolpit. Karena rasanya yang nagih banget, sebagian orang menyebutnya, sebagai kue “mana tahan”.

Tolpit terbuat dari adonan tepung beras, kelapa, dan gula jawa yang digoreng.
Cara pengolahannya cukup mudah, campurkan tepung beras dan kelapa parut, lalu dikombinasikan dengan gula merah yang telah dilelehkan sebelumnya, setelah itu ditumbuk sampai halus.

Bentuk kue ini seperti bakso dan dipipihkan di atas daun pisang, lalu goreng sampai berwarna kecoklatan. Bentuk unik dari kue ini berasal dari proses penggorengan dengan cara dijepit dengan bilah bambu.

Akibat dijepit, bentuk kue itu menyerupai alat kelamin pria, sehingga disebut Tolpit. Namun sebenarnya, kue itu juga punya nama lain, yakni adrem. Kue ini mudah ditemukan di berbagai sudut wilayah Bantul bahkan Kota Yogyakarta. Mulai dari pasar tradisional sampai berbagai pusat oleh-oleh.

Pasar tradisional yang menjual kue ini, antara lain Pasar Pundon, Pasar Sanden, Pasar Celep Srigading, Pasar Bantul, Pasar Kotagede dan di acara-acara seperti Pasar Tani Jogja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




Enter Captcha Here :