Setahun Kasus Covid-19, Ditemukan Dua Kasus Mutasi Virus SARS-CoV2B117

JAKARTA, AKSIKATA.COM – Ditemukan dua kasus mutasi virus SARS-CoV-2 B117 di Indonesia. Hal itu disampaikan oleh Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono. Temuan mutasi virus ini tepat setelah Covid-19 di Indonesia berjalan setahun, sejak 2 Maret 2020 lalu.

Dikutip dari kanal YouTube Kemenristek/BRIN, Rabu (1/3), diungkapkan Dante Saksono Harbuwono, “Tadi malam saya mendapatkan informasi bahwa tepat satu tahun ini kita menemukan mutasi B117 UK mutation di Indonesia.

“Ini fresh from the oven, baru tadi malam ditemukan dua kasus,” katanya.

Seperti diketahui, varian virus itu pertama kali muncul di Inggris dan menyebar ke lebih dari 33 negara.

Ditemukannya dua kasus B117 di saat pandemi Covid-19 yang belum reda, Dante Saksono Harbuwono mengatakan masyarakat akan menghadapi pandemi yang semakin berat.

“Kita sudah menemukan dua kasus tadi malam dan refleksi itu membuat tantangan baru kita untuk lebih mengembangkan proses-proses yang berkaitan dengan riset semakin cepat,” ujarnya.

Dante menambahkan, temuan itu didapatkan dari pemeriksaan terhadap 462 sampel dengan metode Whole Genome Sequence (WGS) yang dilakukan dalam beberapa bulan belakangan ini.

DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Banten, dan DI Yogyakarta merupakan lima Daerah yang paling banyak diambil sampel.

Lebih lanjut, Dante Saksono Harbuwono menuturkan bahwa Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan terus melakukan inovasi dengan berbagai riset yang diharapkan dapat membantu masyarakat.

Sebagai informasi, hingga Selasa, 2 Maret 2021, tercatat sudah sebanyak 1.347.026 kasus COVID-19 di Indonesia. Jumlah kasus sembuh 1.160.863 orang, dan meninggal 36.518 kasus.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




Enter Captcha Here :