Bongkar Pabrik Kosmetik Ilegal, Polisi Tangkap 12 Orang

JAKARTA, AKSIKATA.COM -Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya membongkar lokasi produksi kosmetik ilegal tidak ada izin edar. Kosmetik ilegal itu diproduksi di sebuah rumah, wilayah RT 04, RW 05 Kelurahan Jatirasa, Kota Bekasi.
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, dalam kasus ini polisi menangkap 12 pelaku yang bertindak sebagai karyawan, termasuk pemilik usaha ilegal tersebut berinisial  CS.
“Jadi kurang lebih hampir tiga tahun yang bersangkutan melakukan kegiatan pembuatan bahan berbahaya kosmetik tanpa izin resmi. Tanpa izin edar dari balai POM. Dan ini sudah beredar hampir di seluruh Jawa,” kata Yusri, Jumat 29 Januari 2021.
Yusri menambahkan, diduga CS dan karyawannya belajar otodidak membuat kosmetik masker kecantikan menggunakan bahan-bahan kimia karena tidak mengantongi sertifikasi.
“Bahkan dia menjual melalui media online yang ada. Menawarkan dengan media online yang ada. Omsetnya kurang lebih Rp100 juta selama hampir kurun waktu 3 tahun lebih, dari 2018 lalu,” tambah Yusri.
Kepada polisi, bos pemilik pabrik yang berinisial CS mengaku dalam sehari bisa menghabiskan 50 kilogram bahan baku kimia untuk pembuatan 1.000 masker. Masker-masker itu kemudian akan dijual seharga Rp3 ribu melalui jaringan reseller yang tersebar.
Saat ini, pihak kepolisian masih mendalami kasus tersebut untuk mengetahui dari mana CS mendapatkan bahan kimia untuk masker wajah serta darimana CS mempelajari cara membuat masker wajah.
Atas perbuatannya, CS di kenakan pasal 197 subsider pasal 196 juncto pasal 106 UU RI Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan dengan ancaman hukuman penjara maksimal 15 tahun dan denda paling banyak Rp1,5 miliar.
Reporter : Eddy

One Comment on “Bongkar Pabrik Kosmetik Ilegal, Polisi Tangkap 12 Orang”

  1. The material of this blog site is simply exceptional! Reading this write-up was essential for me as it gave useful insights and thorough info on the subject. I was excited by the high quality of the writing and the degree of research involved. The author did an exceptional job in providing the info plainly and engagingly. Congratulations to the author for developing such a helpful and well-written blog. I can not wait to find out more write-ups right here!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *