Tak Datang Penuhi Panggilan Polisi, Ini Alasan Rizieq

Baliho Habib Rizieq Shihab. (foto: Kuncoro)

JAKARTA, AKSIKATA.COM – Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan pihaknya belum mendapatkan konfirmasi dari Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab untuk menghadiri pemeriksaan terkait kasus kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat.

Yusri mengatakan penyidik Polda Metro Jaya telah melayangkan surat pemanggilan kepada Rizieq pada Minggu, 29 November 2020 dan akan diperiksa sebagai saksi pada pukul 10:00 WIB, Selasa (1/12/2020). Namun, Rizieq tak kunjung datang ke Polda Metro hingga pukul 14:30 WIB.

“Sampai dengan saat sekarang ini belum ada konfirmasi, baik dari yang bersangkutan maupun pengacara yang bersangkutan. Mudah-mudahan sampai sore dan malam nanti beliau datang untuk memenuhi panggilan, tentu kita lakukan pemeriksaan,” kata Yusri, ketika ditemui di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa (1/12/2020).

Yusri mengatakan jika Rizieq mangkir dari pemeriksaan, maka pengacaranya bisa mendatangi Polda Metro Jaya dan menyampaikan alasannya. Ia mengatakan selama alasan itu bisa diterima dan sesuai undang-undang, maka penyidik akan menjadwal ulang pemeriksaan terhadap Rizieq.

Tambah Yusri, penyidik akan melayangkan surat pemanggilan kedua kepada Rizieq dan menantunya. Ia berharap Rizieq bisa menghadiri pemeriksaan pada Kamis (3/12/2020) besok.

“Mudah-mudahan kita jadwalkan hari Kamis nanti kita lakukan pemanggilan lagi. Panggilan kedua, Mudah-mudahan yang bersangkutan bisa hadir untuk memenuhi panggilan penyidik ditkrimum Polda Metro Jaya,” kata Yusri.

Selain Rizieq, polisi juga akan memeriksa menantu Rizieq, Habib Hanif Alatas. Namun, keduanya juga belum mengonfirmasi apakah akan datang memenuhi panggilan tersebut.

Sementara itu, pihak Rizieq beralasan, kondisi Ketua FPI itu masih dalam pemulihan setelah sempat dirawat di RS Ummi, Bogor beberapa waktu lalu. Kehadirannya diwakili oleh kuasa hukumnya.

Pengacara Rizieq Shihab, Azis Yanuar di Mapolda Metro Jaya, Selasa (1/12/2020) menyatakan hal itu. Dia meminta publik tidak mengartikannya sebagai upaya mangkir. Sebab, panggilan hari ini sudah diwakili dirinya selaku kuasa hukum untuk menjelaskan alasan ketidakhadiran pemimpin FPI tersebut.

“Hari ini Habib Rizieq Shihab tidak dapat memenuhi panggilan, atas alasan kesehatan. Polisi mengerti hal itu, dan kami berterimakasih,” ujarnya.

Menurut dia, saat ini Rizieq sedang istirahat setelah sembuh dari sakitnya. (Eddy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




Enter Captcha Here :