Inilah Kiat Sukses Mahasiswa Jadi UI/UX Designer

JAKARTA, AKSIKATA.COM – Program Studi (prodi) Sistem Informasi Kampus Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Pontianak sukses menggelar Webinar Digital Mindset dengan tema ‘Kiat Sukses Menjadi UI/UX Designer’ secara live via Zoom, Rabu (31/10/ 2020. Kegiatan ini menghadirkan pembicara Andana Pratama yang merupakan Co-Founder CV. Pivout Inovasi Indonesia (Pivout.com).

Menurut Kaprodi Sistem Informasi, Kampus UBSI Pontianak, Muhammad Sony Maulana, kegiatan Webinar Digital Mindset ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan untuk mengembangkan pola pikir secara digital bagi mahasiswa Sistem Informasi. Apalagi saat ini trend pengembangan UI/UX design dalam rangka menyajikan aplikasi yang bagus, simple dan mudah digunakan sangat diminati.

“Sebagai lulusan yang nantinya menjadi programmer dan junior analyst perlu memahami konsep UI/UX Designer yang baik sehingga program yang dihasilkan akan lebih berdaya nilai jual tinggi karena design UI/UX yang bagus”, ujar Sony, Senin (1/11/2020).

Dalam webinar tersebut, Dana menyampaikan materi tentang bagaimana cara menjadi User Interface maupun User Experience Desainer. Ia mengaku sudah kurang lebih 12 tahun menekuni bidang ini, sejak tahun 2008.

“Potensi media digital saat ini sangat luas. Di Indonesia sendiri masih banyak dibutuhkan tenaga kerja di bidang digital, untuk itu kita sangat perlu mengembangkan potensi diri mengingat peluangnya sangat besar di dunia digital ini,” katanya.

Ia menjelaskan ,step by step untuk menjadi seorang UI/UX desainer yang baik, yaitu mulai dari emphatize (melakukan riset), define untuk menentukan masalah utama, kemudian ideate yaitu mengemukakan atau merumuskan ide-ide untuk menyelesaikan permasalahan yang ada, prototype (membuat desain), dan tahapan terakhir testing, yaitu pengujian produk apakah sudah sesuai dengan yang dibutuhkan oleh stakeholder dan user/audience yang menggunakan produk tersebut.

Andara salah satu mahasiswa Sistem Informasi menuturkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini sangat memotivasinya untuk terus belajar. “Webinar ini sangat memotivasi untuk tetap belajar, apapun rintangan atau hambatan abaikan saja dulu, hal pentingnya adalah untuk memulai saja dulu tanpa harus khawatir dengan hasil desain yang dibuat,” tutupnya.

4 Comments on “Inilah Kiat Sukses Mahasiswa Jadi UI/UX Designer”

  1. The material of this blog is simply remarkable! Reading this article was essential for me as it gave useful insights and thorough info on the topic. I was thrilled by the quality of the writing and the degree of study involved. The writer did a remarkable work in offering the details clearly and engagingly. Congratulations to the writer for developing such a well-written and interesting blog site. I can’t wait to find out more posts here!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *