Lomba Perahu Naga di Festival Peh Cun

Perahu Naga di Festival Peh Cun, Pesta Rakyat Tangerang, Sabtu (15/6/2019). Foto-foto : Kuncoro Widyo Rumpoko).

TANGERANG, AKSIKATA- Riuh rendah saat menyaksikan lomba perahu naga, seakan membawa para penonton kepada pelaku lomba saat mendayung perahu Naga nan indah. Bukan hanya menjadi daya tarik bagi masyarakat tertentu saja. Budaya yang diakomodir dari budaya Tionghoa, telah menjadi bagian dari masyarakat Indonesia, khususnya Tangerang, Banten.

Gelaran yang biasanya diselenggarakan di Festival Peh Cun membuat antusias masyarakat saat menyaksikan kegiatan yang disuguhkan. Lomba perahu naga masih menjadi kegiatan yang paling ditunggu warga Kota Tangerang..

Peh Cun, sendiri merupakan perayaan untuk menghormati serta meneladani sikap Chu Yuan atau dikenal juga dengan nama Kut Gwan seorang menteri pada masa lampau. Di mana, Chu Yuan adalah menteri yang jujur dan setia. Namun, para pejabat lain yang iri lantas menghasut raja, sehingga Chu Yuan diasingkan.

Diketahui, Peh Cun sendiri dalam arti bahasa Indonesia adalah mendayung perahu. Walaupun perlombaan perahu naga bukan lagi praktik umum di kalangan Tionghoa, namun istilah Peh Cun tetap digunakan untuk menyebut festival ini untuk warga Kota Tangerang. Oleh karenanya, Perayaan Peh Cun juga identik dengan lomba mendayung kapal naga.

5 Comments on “Lomba Perahu Naga di Festival Peh Cun”

  1. Reading this write-up was necessary for me as it provided valuable insights and comprehensive information on the subject. The writer did a remarkable job in presenting the information clearly and engagingly. Congratulations to the author for developing such a helpful and well-written blog.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *