UBSI Edukasi Generasi Milenial tentang Public Speaking

David Rizal seorang News Anchor SCTV saat memaparkan materinya.

JAKARTA, AKSIKATA.COM – Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) menggelar seminar online (webinar) BSI Digination dengan tema ‘Impactful Public Speaking in Millenial Eyes’ melalui zoom dan youtube, Rabu (17/06/2020). Kegiatan ini berhasil mengundang antusiasme ratusan peserta dari berbagai kampus dan sekolah serta masyarakat umum diseluruh Indonesia.

Acara yang dipandu oleh A. Munanjar selaku Kepala Program Studi Broadcasting UBSI, menghadirkan narasumber profesional dan berkompeten di bidang public speaking antara lain David Rizal seorang News Anchor SCTV dan Yosh Aditya yang merupakan MC Profesional sekaligus alumni Public Relations dari kampus UBSI.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada peserta agar meningkatkan skill public speaking dan percaya diri berbicara di depan umum,” ungkap A. Munanjar.

Pada webinar ini Yosh Aditya memberikan tips untuk menjadi seorang public speaker dengan menerapkan metode AA Cecep.

“Metode AA Cecep terdiri dari Ability, Awareness, Confidence, Empathy, Charisma, dan Personality. Membangun kepercayaan diri salah satunya berpikir menjadi seorang bintang yang sempurna sehingga dapat membangkitkan energi positif dan mengurangi kecanggungan di atas panggung,” ujar pria yang biasa disapa Kak Yosh ini.

Ia juga menambahkan bahwa menjadi seorang public speaker diperlukan karisma dan kepribadian. Karisma bukan bawaan dari lahir, melainkan sebuah skill yang bisa dipelajari oleh semua orang.

Selain itu, Yosh juga memberikan beberapa tips smart voice dan tips menguasai body language serta tips mengatasi kesalahan yang mengganggu dalam bidang public speaking.

Selaras dengan Yosh Aditya, David Rizal juga memaparkan bagaimana caranya percaya diri didepan kamera dengan menganggap kamera sebagai teman atau keluarga.

“Selain diatas panggung, public speaking juga bisa dilakukan di depan kamera. Dengan memfokuskan mata kepada titik kamera bukan kearah hasil wajah yang terpampang di kamera. Dan first impression merupakan hal yang penting bagaimana memberikan kesan pertama yang baik kepada semua orang agar dapat menarik perhatian audiens,” tutur David.

Di akhir pemaparan materinya, David memberikan tantangan kepada peserta untuk memberikan kesan dan pesan dalam mengikuti acara ini dengan cara melakukan Story Instragram dan di tag ke akun instagram david_rizal. Tantangan ini nantinya akan di komentari oleh Ia sendiri bagaimana peserta tersebut percaya diri menatap kearah kamera.

Tanggapan mengenai webinar ini juga hadir dari salah satu peserta webinar ini yang merupakan seorang mahasiswi dari kampus UBSI Fatmawati.

“Kegiatan ini sangat menarik dan penting, karena ilmu public speaking tidak hanya harus dipelajari oleh jurusan public relation, namun semua orang juga harus memiliki keterampilan berbicara didepan umum. Setelah mengikuti webinar ini, rasa malu berbicara didepan umum menjadi rasa percaya diri karena narasumber memberikan ilmu bagimana menjadi seorang public speaker yang baik dan tips mengatasi kesalahan ketika berbicara didepan umum yang biasanya sering terjadi,” ujar Finy salah satu peserta yang berasal dari kampus UBSI Fatmawati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *