Presiden Jokowi Resmikan 4 Fasilitas di Bandara Soekarno-Hatta

Presiden Jokowi usai peresmian runway 3, east connection way dan terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Provinsi Banten. (dok.setkab)

JAKARTA, AKSIKATA.COM – Presiden Joko Widodo meresmikan fasilitas di Bandar Udara (bandara) Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Provinsi Banten, Kamis (23/1/2020). Adapun fasilitas yang diresmikan, yakni Runway Ketiga, East Connection Taxiway (ECT), dan Gedung VIP khusus untuk penerbangan kenegaraan, Runway 3, East Connection Taxiway dan Terminal 3.

Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim dan memohon rida dan rahmat Allah SWT, pada sore hari ini saya resmikan Runway ke-3, East Cross Connection Taxiway, Terminal 3 dan gedung VIP Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta,” ujar Presiden saat meresmikan runway 3 dengan didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin dan Direktur Utama AirNav Indonesia Novie Riyanto.

Presiden menuturkan fasilitas-fasilitas yang diresmikan tersebut meningkatkan pelayanan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. “Terminal 3 selesai, runway ketiga selesai, ECT selesai, ditambah fasilitas VIP bandara selesai. Pelayanan jadi membaik.”

Adapun keberadaan Runway Ketiga (terletak di Utara) melengkapi Runway Kedua (terletak di Utara) dan Runway Pertama (terletak di Selatan). Sementara itu, Keberadaan East Connection Taxiway mendukung West Connection Taxiway yang telah dibangun sejak 1985.

“Perlu diketahui, West Connection Taxiway dibangun pada 1985, setelah itu ada yang baru [yaitu East Connection Taxiway]. Setelah 35 tahun,” jelas Presiden.

dengan adanya East Connection Taxiway maka pergerakan pesawat dari runway utara ke runway selatan mau pun sebaliknya dapat semakin cepat dibandingkan jika hanya menggunakan West Connection Taxiway.

Presiden Jokowi menyampaikan bahwa setelah Terminal 3 selesai, kemudian runway ke-3 juga selesai, lalu east connection taxiway selesai, serta ditambah fasilitas VIP bandara juga selesai, dirinya berharap semua pelayanan menjadi lebih baik.

“Kemudian pengaturan manajemen untuk datang dan pergi, take off dan landing-nya juga akan kapasitas tentunya akan semakin banyak. Ini yang kita harapkan,” ujar Presiden Jokowi.

Perlu diketahui, menurut Presiden, pembangunan yang west connection taxiway itu dibangun tahun 1985, dan setelah itu sampai bagian timur baru dibangun sekarang.

“Berarti sudah berapa tahun ini, 35 tahun, baru dibangun. Harusnya kalau west-nya dibangun, east-nya juga dibangun. Sehingga tidak muter, semuanya menunggu pesawat muter. Moga-moga dengan ini kita akan melihat kapasitas Bandara ini akan lebih meningkat lagi,” ujar Presiden.

Di dalam kesempatan yang sama, Presiden juga menekankan pentingnya pembangunan Terminal 4 di Soekarno-Hatta.

“Pak Dirut AP II juga menyampaikan akan segera diselesaikan. Diharapkan 2022 akhir atau paling lambat awal 2023,” jelas Jokowi.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan dioperasikannya Runway Ketiga didukung East Connection Taxiway membuat kapasitas Soekarno-Hatta meningkat dari dapat melayani 80 pergerakan pesawat per jam dan secara bertahap akan menjadi lebih dari 100 pergerakan per jam.

“East Connection Taxiway juga membuat pergerakan pesawat dari runway utara ke runway selatan menjadi lebih cepat, dari sebelumnya 30 menit menjadi 7 menit,” ujar Menhub. (Sakha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *