Semangat Gotong Royong Bersihkan Tumpahan Minyak Pertamina di Pantai Cemara Jaya

Warga turut membersihkan tumpahan minyak yang tercecer di Pantai Desa Cemara Jaya, Karawang, Jawa Barat. (Foto-foto: Kuncoro Widyo Rumpoko)

KARAWANG, AKSIKATA.COM – Sejak 19 Juli 2019 lalu, minyak dari anjungan milik PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java di Pantai Utara Jawa tumpah. Tumpahan minyak tersebut tercecer di sepanjang pantai Sedari hingga pantai Cemara Jaya, Cibuaya, Karawang. Puluhan ribu barel minyak mentah mencemari lautan.  Upaya pembersihan pun  dilakukan.

PT Pertamina Hulu Energi Offshore North Java (PHE ONWJ)  melepas lebih dari 1.500 personel beserta peralatannya untuk membersihkan tumpahan tersebut.  Mereka juga mendapat dukungan dari warga sekitar area terdampak.

Nelayan yang terlibat pembersihan tumpahan minyak di lautan diberi biaya operasional berdasarkan kesepakatan Pertamina dengan nelayan. Sementara Pertamina juga melibatkan  87 personel TNI.  Mereka dilengkapi dengan perlengkapan yang sesuai dengan standar keamanan dan keselamatan pembersihan tumpahan minyak.

Berikut  potret warga sekitar membersihkan pantai dari limbah minyak, lalu mengumpulkan ceceran minyak mentah itu  ke dalam kantong-kantong untuk dibawa ketempat penampungan sementara di beberapa titik di Desa Cemara Jaya dan sekitarnya,   yang terekam dalam jepretan kamera fotografer AKSIKATA, Kuncoro Widyo Rumpoko.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *