Inilah Pelabuhan Bersejarah Kota Tua Kalianget

Inilah pelabuhan tertua di Sumenep, Kertasada. Letaknya sekitar 10 km dari pusat Kota Sumenep dan dibangun sejak zaman Penjajahan Hindia Belanda menguasai Bumi Sumekar. (Foto-foto: Kuncoro Widyo Rumpoko)

MADURA, AKSIKATA.COM – Madura, di Jawa Timur memiliki wisata sejarah yang top. Namanya Kota Tua Kalianget, berada di bagian timur Kota Sumenep. Kalianget di kembangkan menjadi kota dikarenakan letaknya yang sangat strategis dan merupakan bandar pelabuhan tersibuk di selat Madura.

Di kota tua ini kita bisa menemukan beberapa peninggalan sejarah yang pernah di bangung oleh Kolonial Belanda, seperti Pabrik Garam Briket Modern pertama di Indonesia yang dibangun tahun 1899, dan sebagianya.

Perlabuhan tertua di Sumenep adalah Perlabuhan Kertasada. Letaknya sekitar 10 km dari pusat Kota Sumenep. Pelabuhan ini dibangun sejak zaman Penjajahan Hindia Belanda menguasai Bumi Sumekar.

Dulu, pelabuhan ini difungsikan sebagai sarana transportasi penting bagi industri garam di Pulau Madura. Saat ini Pelabuhan Kalianget tak hanya melayani distribusi hasil garam saja, namun juga digunakan segaia saran transportasi antar pulau yang ada di wilayah ujung timur Sumenep dan sebagian Pulau Jawa.

Pelabuhan Kalianget dibagi menjadi dua bagian, di sisi selatan adalah Pelabuhan yang digunakan untuk kegiatan umum. Pelabuhan ini digunakan untuk orang yang ingin menyeberang ke pulau Poteran dan pulau-pulau lain seperti Kangean, Sapeken, Masalembu dan pulau-pulau sekitarnya.

Disamping itu juga kapal feri yang melintas juga terhubung ke pelabuhan Jangkar di Situbondo. Pelabuhan Kalianget, di sebelah utara secara khusus digunakan oleh PT. GARAM untuk mengirimkan produk garam ke kota-kota lain dan pulau-pulau di Indonesia. (Kuncoro Widyo Rumpoko)

 

5 Comments on “Inilah Pelabuhan Bersejarah Kota Tua Kalianget”

  1. The web content of this blog is merely extraordinary! Reading this write-up was vital for me as it supplied valuable insights and comprehensive information on the topic. I was thrilled by the quality of the writing and the level of research study entailed. The author did an amazing work in providing the details clearly and engagingly. Congratulations to the author for creating such a interesting and well-written blog. I can not wait to find out more posts here!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *