Fotografi Penting Untuk Sinematografi

BADUNG, AKSI KATA. COM – Dalam kuliah umum bertema “Fotografi sebagai Dasar Sinematografi”, pemateri Ace Raden Desanasuria yang merupakan seorang praktisi film dihadirkan sebagai pembicara utama memberikan penjelasan mendalam mengenai peran penting fotografi dalam pengembangan sinematografi.
membahas bagaimana elemen-elemen dasar fotografi. Seperti komposisi, pencahayaan, type of shot dan framing, menjadi fondasi bagi pengambilan gambar dalam dunia perfilman.
Kuliah ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa Program Studi Fotografi dari angkatan 2021sampai 2024 Universitas Pasundan (Unpas), serta dosen-dosen baik dari peminatan fotografi maupun videografi beberap waktu lalu.
Kegiatan ini diselenggarakan sebagai bagian dari implementasi perjanjian kerja sama antara Prodi Fotografi Unpas dan BSM Rental, yang bertujuan untuk mendukung keberlanjutan industri kreatif dalam konteks akademik. Selain mendapatkan wawasan teoritis dari kuliah umum, para mahasiswa juga berkesempatan mengikuti sesi touring untuk mengenal berbagai peralatan produksi film, termasuk jenis-jenis lighting, kamera, dan aksesori penting lainnya.
Selama kegiatan, antusiasme mahasiswa sangat terlihat. Mereka merasa mendapatkan pengalaman belajar yang berbeda di luar lingkungan kampus.
Kegiatan akademik ini tidak hanya memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa, tetapi juga memperkuat sinergi antara dunia akademik dan industri, dalam upaya meningkatkan kompetensi mahasiswa untuk bersaing di dunia profesional, khususnya dalam bidang fotografi dan sinematografi.
Kegiatan ini diharapkan ke depannya akan lebih banyak kegiatan kolaboratif antara Prodi Fotografi Unpas dan pihak industri. Hal ini guna mempersiapkan lulusan yang siap menghadapi tantangan di dunia kerja.