70 Orang Serentak Belajar Jaipong

Untuk mengisi waktu luangnya , Setiidaknya 70 orang, dari kalangan  tua muda terlibat aksi tari Jaipong yang digelar Komunitas Bakul Budaya. (KBB), dan KBB mulai mengajarkan tarian baru dalam program pendidikan tarinya di Pelataran Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia pada Sabtu 28 September 2024. Sekitar 70an anggotanya belajar dengan semangat tarian baru tersebut. Tarian baru yang diajarkan adalah tari Jaipong Bentang Panggung, yaitu sebuah tarian asal Jawa Barat yang kental sekali unsur Sunda nya. Tari Jaipong Bentang Panggung diciptakan oleh Musisi Jaja DM pada tahun 2007 yang berkolaborasi dengan koreografer handal Kang Gondo. Adapun musik jaipongan Bentang Panggung ini menggunakan Gamelan Degung sebagai media ungkapnya, dan direkam untuk pertama kali di studio Institut Seni Budaya Indonesia Bandung (ISBI Bandung) pada tahun 2008.
Di komunitas Bakul Budaya, tari Jaipong Bentang Panggung diajarkan oleh duet pelatih professional yaitu Sufiania Nayasubrata dan Emma Wuryandari. Bakul Budaya mengajarkan tarian ini kepada anggotanya dengan maksud memperkaya berbagai tarian tradisional Indonesia bagi anggotanya. Bakul Budaya sendiri sudah mengajarkan berbagai tarian tradisional sejak dimulai pada 3 September 2022, seperti Tari Yapong (Betawi), Tari Piring (Minangkabau), dan Tari Jejer Jaran Dawuk (Banyuwangi).
Seperti nama tariannya, tari Jaipong Bentang Panggung menceritakan tentang seorang penari yang selalu menjadi Bintang Panggung di berbagai ajang dan sudah berkeliling dunia membawa nama baik Tanah Pajajaran.