Ini Cara Mengolah Belimbing Wuluh untuk Obat

Tanaman belimbing wuluh. (foto:tanamanmart)

JAKARTA, AKSIKATA.COM -Tak banyak yang tahu buah Belimbing Wuluh ternyata mengandung khasiat untuk pengobatan yang bisa sangat membantu maupun kecantikan. Selama ini orang Indonesia mengenal belimbing wuluh atau dalam bahasa latin disebut Averrhoa bilimbi sebagai belimbing sayur yang kerap dijadikan campuran masakan pindang.

Situs www.iptek.net.id menyebutkan bahwa belimbing wuluh dapat mengobati mulai dari penyakit yang relatif ringan seperti jerawat, panu, sakit gigi, sariawan, gusi berdarah, dan batuk rejan, hingga penyakit yang lebih berat seperti diabetes, tekanan darah tinggi, kelumpuhan, dan radang rektum.

Berikut khasiat belimbing wuluh untuk kesehatan :

1. Batuk
Untuk mengatasi batuk, ambil bunga belimbing wuluh sebanyak 25 kuntum, satu jari rimpang temu giring, satu jari kulit kayu manis, satu jari kencur, dua siung bawang merah, 1/4 genggam pegagan, 1/4 genggam daun saga, 1/4 genggam daun inggu, 1/4 genggam daun sendok, dicuci dan dipotong-potong. Kemudian rebus dengan lima gelas air sampai tersisa separonya. Saring ramuan rebusan ini dan minum dengan madu sebanyak 3 kali 3/4 gelas sehari.

2. Obat Gondongan
Ambil epuluh ranting muda belimbing wuluh beserta daunnya ditambah empat butir bawang merah ditumbuk sampai halus. Kemudian ramuan dibalurkan di tempat yang sakit.

3. Mengobati Jerawat
Haluskan buah belimbing matang yang masih segar. Tempelkan pada wajah yang berjerawat, lalu diamkan selama 10 menit saja. Setelah itu, bilas dan bersihkan.

Cara membuat masker dari belimbing wuluh adalah dengan menghaluskan buahnya. Setelah itu aplikasikan pada wajah seperti menggunakan masker pada umumnya. Kemudian diamkan beberapa menit hingga masker mengering. Lalu bilas dengan air bersih.

4. Obat Darah Tinggi
Tiga buah belimbing wuluh dipotong-potong, rebus dengan tiga gelas air sampai tersisa satu gelas. Setelah dingin disaring dan diminum setelah makan pagi.

5. Obat Sakit Gigi
Mengatasi sakit gigi berlubang, lima buah belimbing wuluh dimakan dengan sedikit garam, kunyah di tempat gigi yang berlubang.

6. Obat Penurun Kolestrol
Ambil belimbing wuluh 3 buah dicuci bersih, lalu iris tipis. Haluskan dengan cara diparut. Lalu peras dan saring hasil parutan dari buah belimbing tersebut. Tambahkan air matang 50 ml, lalu minum. Lakukan secara rutin 3 kali sehari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *