Ini Khasiat Kulit Kayu dan Daun Bidara

Daun bidara (foto:kampus tani)

JAKARTA, AKSIKATA.COM – Tahukah Anda, daun bidara atau Ziziphus mauritiana sudah dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Bidara, atau dalam bahasa arab dikenal dengan sidr ini merupakan tanaman yang berasal dari Arab, sejenis pohon kecil dengan daunnya yang lebarnya juga kecil dan selalu hijau.

Ada beberapa jenis bidara yang banyak dikenal masyarakat yaitu Bidara Upas, Bidara Laut dengan nama latin (Ziziphus mauritiana), Bidara Cina atau Ziziphus zizyphus, Putsa (Apel India) dan Bidara Arab (Sidr) atau (Ziziphus spina-christi).

Pohon bidara biasanya sekitar 6-15 meter dengan ranting dan cabang yang diselimuti duri. Pohon bidara yang identik tumbuh di daerah kering atau tandus ini sering tidak di perhatikan oleh kebanyakan orang.

Manfaat daun bidara sudah banyak dibuktikan secara ilmiah. Antara lain, bisa menyembuhkan jerawat, membersihkan kulit dari kotoran, dan menjaga kulit dari kerusakan. Bahkan rendaman daun bidara dapat melidungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan oleh sinar UV matahari.

Selain daun, buah, biji, kulit kayu, dan akarnya juga berkhasiat obat, yakni untuk membantu pencernaan dan sebagai tapal obat luka.

Di Jawa, kulit kayu dari pohon bidara dipakai untuk mengatasi gangguan pencernaan. Kulit kayu bidara diyakini memiliki khasiat sebagai tonikum, meski tidak terlalu kuat, dan dianjurkan untuk penyakit lambung dan usus.

Kulit akarnya, dicampur dengan sedikit pucuk, pulasari, dan bawang putih, diminum untuk mengatasi kencing yang nyeri dan berdarah.

Dilansir dari halodoc, berikut khasiat daun bidara yang sudah pernah diteliti:

Mengobati Kecemasan

Menurut Journal of Ethnopharmacology pada tahun 2000, daun bidara memiliki harapan untuk mengobati kecemasan. Dalam tes pada tikus, penulis studi mengamati bahwa senyawa yang diekstraksi dari daun bidara ada kemungkinan memiliki efek sedatif. Namun, manfaat ini pada manusia belum dikonfirmasi.

Mengendalikan Diabetes

Beberapa jenis daun bidara dapat membantu mengendalikan diabetes. Misalnya, sebuah studi berbasis tikus yang diterbitkan dalam Pharmaceutical Biology pada tahun 2010, menetapkan bahwa Ziziphus mauritiana dapat membantu mengelola diabetes dengan mengatur kadar gula darah.

Berpotensi sebagai Obat Antikanker

Sebuah laporan tahun 2015 yang terbit dalam Pharmacognosy Review meneliti potensi aktivitas anti-kanker dari buah bidara. Penulis penelitian menyimpulkan, bahwa senyawa bioaktif yang ada dalam buah (asam triterpen dan polisakarida) memiliki potensi melawan kanker pada berbagai lini sel kanker. Namun, masih diperlukan studi yang lebih banyak untuk menentukan apakah ada potensi yang sama pada manusia.

Penggunaan Lainnya

Khasiat daun bidara juga digunakan sebagai obat tradisional untuk masalah kesehatan seperti, asma, diare, kelelahan, demam, tekanan darah tinggi dan peradangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




Enter Captcha Here :