Jangan Buang Daun Sirih Cina, Ini Khasiatnya

foto:mongabay

JAKARTA, AKSIKATA.COM – Ada sebuah tanaman yang kerap tumbuh menumpang pada pot tanaman, di pinggiran saluran air atau tembok. Tanaman ini makin banyak bermunculan di saat musim penghujan tiba. Banyak orang yang langsung mencabutnya karena dianggap menurunkan kualitas dan kuantitas tumbuhan lain.

Tanaman itu bernama daun sirih cina (Peperomia pellucida). Dalam bahasa Inggris disebut pepper elder, shining bush plant, atau man to man. Tumbuhan yang tidak kenal musim ini, dikenal di Asia dan Amerika.

Bentuk daunnya kecil menyerupai hati dan berwarna hijau terang.  Daun tebal, berair dan tekstur lunak. Ukuran sirih cina antara 15 sampai 45 cm. Batangnya sukulen (berair), akar dangkal, berwarna cerah, dan berdaging.

Dan, tahukah Anda, ternyata tanaman ini kaya manfaat. Memiliki khasiat yang tak bisa diremehkan. Daun ini dapat menyembuhkan beberapa penyakit, seperti  bisul, jerawat, radang kulit, luka bakar, abses, luka memar, mengatasi bengkak, mengobati gangguan kemih, mengurangi sakit perut, dan mengatasi penyakit ginjal.

Khasiat daun sirih Cina untuk kesehatan bisa diperoleh dari daun, batang hingga akarnya.

Daun sirih cina mengandung mineral yang baik untuk tubuh. Selain itu, daun sirih cina mengandung tanin, alkaloid, saponin, kalsium oksalat, polifenol, lemak, dan minyak atsiri. Daun ini juga diduga memiliki efek farmakologis antiradang, analgesik, antijamur, dan kemoterapi.

Daun sirih Cina ini dapat dikonsumsi dngan cara diolah sebagai masakan atau untuk lalapan dan dapat juga diolah menjadi jus kemudian diminum. Dapat dikreasikan dengan memasaknya menjadi sayur tumis atau menjadikaannya sayur bening atau bahkan salad.

Bagaimana mengolah daun sirih cina untuk kesehatan?

Obat Bisul, Abses, Jerawat dan Radang Kulit

Ambil dua rumpun pohon sirih cina, cuci bersih kemudian rebus dengan air 1,5 gelas menjadi 1 gelas. Diminum sehari 2 kali dengan dosis yang sama.

Obat Sakit Kepala dan Demam

Ambil 15 lembar daun sirih cina, cuci bersih, lalu tumbuk dan tempelkan pada pelipis kanan dan kiri.

Atau rebus dua batang dari pohon daun sirih cina ukuran sekitar 7-10 cm, cuci bersih, lalu dengan air 1,5 gelas hingga 1 gelas. Minum sehari 2 kali 1 gelas.

Obat Saki Perut

Ambil batang sirih cina secukupnya kemudian tumbuk hingga halus, lalu peras dengan kain bersih dan minum hasil air perasannya.

Obat Luka Bakar

Ambil sirih cina secukupnya, cuci bersih kemudian tumbuk sampai halus. Lalu tempelkan tumbukan sirih cina pada bagian tubuh yang terkena luka bakar. Lakukan beberapa kali hari sekali sampai luka bakar benar-benar sembuh.

Obat Sakit Ginjal

Ambil beberapa tanaman sirih cina kemudian cuci bersih. Setelah itu rebus dengan air sebanyak 1,5 gelas menjadi 1 gelas. Minum segelas setiap 2 kali sehari.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




Enter Captcha Here :