Ini Penyebab Kulit Kusam dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi wajah kusam (foto:timesindonesia)

JAKARTA, AKSIKATA.COM – Tahukah Anda, kulit merupakan lapisan utama dari sistem imun yang melindungi kita dari beragam kuman seperti virus dan bakteri. Kulit juga melindungi kita dari matahari, dingin, goresan, luka, dan kelembaban. Bahkan, kulit juga berperan sebagai indera peraba yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.

Kulit bisa menjadi sehat atau bahkan sakit, tergantung bagaimana kita memperlakukannya. Kadang ada saja kebiasaan-kebiasaan yang membuat kulit kita terlihat kusam, terutama pada wajah. Karena kulit kusam, maka terlihat kulit menjadi lebih gelap dan tak bercahaya.

Kulit kusam bisa disebabkan oleh beragam hal. Mulai dari perawatan kulit yang salah, polusi udara, kelelahan, kurang olahraga, kurang tidur, dan pengaruh pola hidup yang tidak sehat. Kulit wajah cenderung lebih sensitif dibandingkan bagian tubuh lainnya. Itu sebabnya wajah harus dirawat dengan rutin. Jika lalai dalam perawatan, maka bisa dirasakan akibat, yakni wajah menjadi kusam.

Kulit kusam tidak datang begitu saja. Ada dua faktor yang menyebabkan kulit menjadi kusam yakni faktor dari dalam tubuh dan luar tubuh.

Dari Dalam Tubuh
1. Penyakit. Kondisi kesehatan sangat memengaruhi kondisi kulit seseorang. Jika seseorang sakit, maka akan memengaruhi sistem metabolisme peredaran darah. Akibatnya, kulit terlihat tidak bagus, kusam dan keriput.

2. Stres. Banyaknya masalah yang dihadapi akan terlihat pada wajah. Hal ini berdampak pada kulit wajah dan menyebabkan kusam.

3. Pola hidup yang tidak teratur, seperti sering begadang, kurang tidur bisa membuat pancaran wajah Anda terlihat kusam dan tidak segar.

Dari Luar Tubuh
1. Polusi udara. Polusi udara yang berbahaya seperti debu, asap kendaraan dan asap rokok dapat mengganggu kualitas kesehatan kulit. Polusi asap kendaraan bisa menyebabkan sel-sel kulit mati menjadi tebal dan wajah terlihat kusam.

2. Paparan sinar matahari. Terkena paparan sinar matahari secara langsung secara berlebihan bisa mempengaruhi kondisi kulit. Apalagi jika saat terpapar matahari kulit tanpa perlindungan, sehingga timbul noda hitam pada kulit wajah.

Lalu bagaimana jika wajah sudah terlanjur kusam? Ada pilihan, baik diatasi dengan pengobatan dokter atau memilih mengatasinya dengan secara alami dan tradisional. Jika pilihannya secara alami, maka Anda bisa memanfaatkan teripang atau Timun laut untuk peremajaan kulit. Teripang bisa diolah, dijadikan pencuci wajah dan sebagai camilan.

Teripang Timun

Cara membuatnya, ambil 10-20 cm teripang, lalu dipotong-potong menjadi beberapa bagian.

Kemudian rebus teripang dengan air secukupnya selama 10-15 menit dengan api sedang. Berikutnya matikan api, lalu diamkan hingga air rebusan teripang airnya tersisa sedikit.

Sisa air tersebut lalu dibasuh pada wajah sembari wajah dipijat-pijat halus. Lalu biarkan selama 10 menit hingga mengering. Setelah mengering, cuci dengan air bersih atau dilap dengan handuk hangat.

Lakukan dua kali sehari, pada saat bangun tidur dan mau tidur. Selain perawatan dengan teripang dari luar, teripang juga bisa digunakan sebagai camilan untuk menjaga kecantikan dari dalam. Pasalnya, perawatan dari luar saja tidak akan maksimal, apalagi jika bagian tubuh dalam sakit atau tidak sehat.

Setelah 7-10 hari pemakaian secara teratur, kulit Anda akan terlihat lebih halus, sehat, kenyal dan cerah. Bahkan bintik hitam atau vlek hitam pada kulit wajah atau tubuh juga berkurang.

Tentu saja, efek pemakaian teripang secara teratur ini akan semakin bagus jika Anda menjalani pola makan sehat dan berolahraga. Tidak ada efek samping dari penggunaan air rebusan teripang dan mengonsumsi teripang secara langsung.

Cara lain adalah dengan membuat masker dari bahan alami. Seperti dari kelapa yang diambil minyaknya, buah lidah buaya, pisang, kunyit, madu dan tomat. Gunakan masker dengan bahan alami pilihan Anda, lalu oleskan secara merata pada wajah yang telah dibersihkan. Kemudian, diamkan hingga 15 menit dan bilas dengan air bersih. Supaya tips ini bisa sukses mencerahkan wajahmu, ulangi perawatannya 3 kali dalam seminggu.

5 Comments on “Ini Penyebab Kulit Kusam dan Cara Mengatasinya”

  1. The content of this blog is merely phenomenal! Reviewing this article was essential for me as it gave useful understandings and detailed information on the subject. I was impressed by the top quality of the writing and the level of research entailed. The author did an amazing task in presenting the information clearly and engagingly. Congratulations to the writer for developing such a well-written and insightful blog site. I can’t wait to read more posts here!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *