Jangan Keluyuran Gak Jelas, Virus Covid-19 Varian Kappa Sudah Ada di Jakarta dan Sumatera Selatan

JAKARTA, AKSIKATA.COM – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) mendeteksi virus Covid-19 varian Kappa.

Varian tersebut terdeteksi di DKI Jakarta dan Sumatera Selatan (Sumsel). Juru Bicara Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan, varian Kappa terdeteksi di Sumsel sejak Januari 2021. Sedangkan di Jakarta terdeteksi April 2021.

“Satu kasus di Sumsel pada Januari dan kasus Kappa lain ditemukan di DKI Jakarta pada April lalu,” ujar Nadia di Jakarta, Rabu (7/7).

Selain itu, kata dia data Kemenkes menunjukkan per 6 Juli 2021 terdeteksi 553 kasus Covid-19 dari varian baru di Indonesia tersebar di 14 provinsi.

Menurutnya, kasus varian Delta masih terbanyak tersebar di Jakarta 195 kasus, Jawa Barat 134 kasus, Jawa Tengah 80 kasus, Jawa Timur 13 kasus, Banten 4 kasus, Sumatera Selatan 3 kasus, Kalimantan Tengah 3 kasus, Kalimantan Timur 3 kasus, Gorontalo 1 kasus dan Sumatera Selatan 1 kasus.

Dia menuturkan, penemuan varian baru ini diketahui dari 2.590 sampel testing Whole Genome Sequencing (WGS). Daerah yang menjadi target pengetesan, lanjut dia di daerah dengan tingkat peningkatan kasus secara signifikan.

“Ada kriterianya untuk pengambilan sampel whole genom sekuensing ya termasuk pada daerah yang terjadi peningkatan kasus secara signifikan,” ucapnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *