Polda Metro Kerahkan 5.590 Personel Amankan Gereja saat Perayaan Jumat Agung

foto:setkab

JAKARTA, AKSIKATA.COM – Sebanyak 5.590 personel gabungan dikerahkan Polda Metro Jaya  untuk mengamankan sejumlah gereja yang ada di wilayah hukum Polda Metro Jaya, terutama pada saat peringatan Hari Paskah, Jumat (2/1/2021) besok.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, 5.590 personil gabungan tersebut dikerahkan untuk mengamankan 833 yang akan melaksanakan ibadah tatap muka dalam ibadah Jumatan agung.

“Memang ada 833 Gereja yang siap kita amanakan di wilayah hukum Polda Metro Jaya, ada sekitar 5.590 personel yang akan kita turunkan gabungan bersama-sama untuk mengamankan. Bersama TNI juga ada dari Pemda DKI,” kata Yusri di Polda Metro Jaya, Kamis (1/4/2021).

Yusri melanjutkan, selain itu ada empat gereja besar di Jakarta akan dijaga masing-masing 155 personel keamanan pada Jumat Agung nanti.

” Ada 4 gereja skala prioritas ini yang akan ditempatkan memang agak lebih pengamanannya. Ada 155 personel per gereja dari 4 gereja,” tambah Yusri.

Yusri menjelaskan, keempat gereja tersebut, Gereja Katedral (Pasar Baru Jakarta Pusat), Gereja Immanuel (Jalan Medan Merdeka Timur Jakarta Pusat), Gereja HKBP Petojo (Grogol Jakarta Barat), Gereja Katolik Santo Petrus dan Paulus (Jakarta Barat) yang masing masing akan di jaga 155 personel.

Yusri menegaskan, kalau pengamanan akan dipertebal setelah adanya peristiwa teror baik di Gereja Katedral Makassar ataupun di Mabes Polri kemarin. Nantinya pihak kepolisian bakal melakukan sterilisasi pada gereja-gereja yang dimaksud.

Kemudian bekerja sama dengan pihak internal untuk menjalankan pengamanan secara standar operasional prosedur (SOP). (EEDY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *