Penelitian Kualitatif Komunikasi Berbasis Daring Kian Meningkat di Era 4.0

JAKARTA, AKSIKATA.COM  – Penelitian-penelitian bidang  ilmu komunikasi yang  menggunakan pendekatan kualitatif   berbasis media daring (online)  akan semakin meningkat di masa datang    lantaran makin tingginya kompleksitas permasalahan sosial  serta  maraknya penggunaan media  berbasis internet  sebagai alat komunikasi  sehari-hari di era 4.0.

Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi  Universitas Sahid Dr.Pinckey Triputra pada seminar di Jakarta, Sabtu (10/8/2019) menyatakan bahwa prediksi makin maraknya penelitian ilmu komunikasi  terkait  menggunakan pendekatan kualitatif  terkait media daring sudah terlihat belakangan ini merujuk pada penelitian-penelitian yang ada di jurnal-jurnal penelitian.

“Penelitian dengan media digital bisa dilakukan dari sisi subyek atau obyek. Ini merupakan tantangan bagi para peneliti ilmu komunikasi  untuk ke depannya,” kata Pinckey Triputra.

Seminar bertemakan “Blurring Paradign in Qualitative” merupakan seri pertama dari rangkaian seminar bertajuk “Communication Conference in Qualitative Research” yang diselenggarakan Sekolah Pascasarjana Universitas Sahid Jakarta dan Yayasan Kompatibel.

Seminar pertama ini menampilkan tiga pembicara pakar ilmu komunikasi  dengan i pendekatan kualitatif yakni Dr.Pinckey Triputra dari Universitas Sahid, Dr.Sunarto (Undip) dan Dr.Haryatmoko (Universitas Sanata Dharma).

Pada kesempatan itu, Pickey Triputra mengetengahkan pembahasan mengenai sejarah pendekatan penelitian kualitatif  dan tantangan  ke depan , Sunarto membahas masalah penelitian feminisme, sementara Haryatmoko mengangkat metode-metode penelitian terkait teori kritis dan analisis wacana kritis.

Peserta  seminar mencapai sekitar 120 orang terdiri dari para mahasiswa pascarasarjana dan akademisi peminat penelitian dengan pendekatan kualitatif.(*)

2 Comments on “Penelitian Kualitatif Komunikasi Berbasis Daring Kian Meningkat di Era 4.0”

  1. The content of this blog site is just phenomenal! Reading this write-up was essential for me as it offered valuable understandings and in-depth info on the subject. I was thrilled by the high quality of the writing and the degree of study included. The writer did an impressive job in presenting the details clearly and engagingly. Congratulations to the author for producing such a informative and well-written blog. I can’t wait to find out more write-ups right here!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *