UI Cari Rektor Baru, Ini Prosesnya

Konferensi pers pemilihan Rektor Universitas Indonesia. (Foto-foto: Kuncoro)

DEPOK, AKSIKATA.COM – UNiversitas Indonesia (UI) resmi membuka pendaftaran bakal calon rektor UI periode 2019-2024 yang dimulai Rabu (7/7/2019).

Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) UI Saleh Husin saat konferensi pers di Gedung Rektorat UI, Depok mengatakan pendaftaran Rektor UI terbuka bagi umum, bagi putera-puteri terbaik bangsa dimanapun bisa mendaftar.

Komitmen dan kecintaan kepada NKRI dan Pancasila serta tidak berafiliasi kepada organisasi radikal terlarang menjadi sorotan utama UI dalam menyeleksi calon rektor.

Persyaratan yang wajib dipatuhi para calon pendaftar, di antaranya usia tidak lebih dari 60 tahun, Warga Negara Indonesia (WNI), dan gelar minimal adalah doktor.

Untuk memastikan latar belakang para kandidat,  bakal melibatkan BNPT. Hal ini dinilai penting untuk menangkal adanya paham-paham radikal atau yang berbenturan dengan ideologi Pancasila.

Selain BNPT, pemilihan calon rektor ini juga bakal melibatkan Badan Intelijen Negara (BIN) serta Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

Pendaftaran Bakal Calon Rektor UI dapat dilakukan secara daring (online) mulai 10 Juli hingga 2 Agustus 2019.

Hadir dalam konferensi pers tersebut selain Ketua MWA UI Saleh Husin, hadir juga Ketua P3CR (Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor UI) Prof. Dr. Yoki Yolizar, Sekretaris P3CR Dr. Donny Gahral Adian, M. Hum dan Pansus Pilrek UI Prof. drh. Wiku Adisasmito, MSc. Ph.D .

Proses pemilihan Rektor terdiri atas penjaringan, penyaringan, dan penetapan, serta pelantikan. Sejalan dengan tahapan tersebut, akan dilakukan klarifikasi, verifikasi, dan seleksi yang akan menghasilkan setidaknya 20 calon rektor terjaring dimana Pengumuman 20 Calon Rektor akan dilakukan pada 2 September 2019.

Proses penyaringan akan dilakukan oleh Pansus Pemilihan Rektor (Pilrek) pada 2-15 September dan akan tersaring tujuh Calon Rektor yang diumumkan pada 16 September 2019. Ketujuh Calon Rektor Tersaring akan melakukan presentasi di depan para pakar.

Kemudian akan diumumkan tiga Besar Calon Rektor pada 20 September 2019. Tahapan akhir, ketiga Calon Rektor tersebut akan menjalankan Debat Publik pada 23 September 2019. Hasil akhir yaitu Penetapan Rektor Terpilih akan dilaksanakan pada 25 September 2019. (Kuncoro Widyo Rumpoko)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *