Masuk ke Dalam Kabah, Jokowi Mengaku Gamang

Jokowi dan keluarga saat masuk ke dalam Kabah. (istimewa)

JAKARTA, AKSIKATA.COM – Presiden Joko Widodo beserta ibu negara Iriana dan kedua anak lelaki mereka, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep melakukan ibadah umroh di tanah suci Makkah, Arab Saudi, Senin (15/4/2019). Yang menarik selain bertemu dengan Raja Salman Bin Abdulaziz Al-Saud dan Putra Mahkota, Pangeran Muhammad bin Salman bin Abdul Aziz, keluarga Jokowi mendapat kesempatan masuk ke dalam bangunan suci Kabah.

Detik-detik Jokowi dan keluarganya masuk ke dalam Kabah dengan pengawalan ketat dari militer Saudi dan laskar keamanan Masjidil Haram disampaikan oleh Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, dalam instragramnya. “Selamat menunaikan Ibadah Umroh Bapak Presiden @jokowi dan keluarga, semoga lancar dan Mabrur #doakuuntukmu #beribadah,” tulis Pramono di akun Instagram, @pramonoanung, diakses pada Senin 15 April 2019.

Jokowi sendiri melalui akun Instagram resmi Presiden Republik Indonesia @jokowi, Senin (15/4/2019), berbagi cerita soal dirinya yang bisa masuk Kakbah di Masjidil Haram. Jokowi merasa sangat terhormat karena di luar Kabah ada ribuan orang yang sedang melakukan tawaf, bergerak melingkar mengelilingi bangunan tersebut.

Jookowi juga mengaku tidak pernah membayangkan dalam hidupnya akan memperoleh kehormatan dan kesempatan masuk ke dalam Baitullah.

“Datang ke Masjidil Haram, berjalan menapak tangga kayu, melewati ambang pintu Kakbah, lalu masuk ke dalamnya. Di luar, saya melihat ribuan orang dari berbagai bantgsa sedang bertawaf, bergerak melingkar mengelilinginya,” tulis Jokowi.

Cerita Jokowi, dirinya bersama keluarga menjelang subuh sudah berada di dalam Kakbah, di dalam ruang kosong yang sedikit gelap. Pada saat ingin melaksanakan Salat Sunah, ia mengakui perasaannya sempat gamang. Sebab ia tidak tahu harus menghadap ke mana. Namun Jokowi langsung teringat bahwa dirinya berada dalam ada Kabah.
“Saya kemudian menunaikan salat sunnah dua rakaat ke arah empat penjuru,” kata Jokowi.

Usai melaksanakan salat dua rakaat, Jokowi diikuti oleh anggota keluarga lain mulai keluar pintu Kabah diiringi azan subuh. “Azan subuh sedang berkumandang di Masjidil Haram ketika saya menuruni tangga keluar dari ppintu Kakbah, dengan rasa syukur yang tiada terhingga. Istri saya, Gibran dan Kaesang, menyusul turun. Saya akan mengingat kesempatan ini seumur hidup,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




Enter Captcha Here :