Atta Halilintar, Dari Hanya Ingin Jadi Pedagang Kini Punya Penghasilan Fantastis

AKSIKATA.COM, JAKARTA – Saat ini, dua youtuber Indonesia, Atta Halilintar dan Ria Ricis, disebut-sebut memiliki penghasilan yang fantastis. Mereka adalah Youtuber yang memiliki subscriber terbanyak di Indonesia. Penghasilan itu tak hanya datang dari YouTube saja, tapi juga dari Instagram maupun media sosial lainnya.

Atta Halilintar tercatat memiliki 13.205.184 subscribers. Laman Socialblade menghitung, video yang diunggah di channel YouTube Atta Halilintar saat ini sudah dilihat sebanyak lebih dari 1 miliar kali.

Dengan perolehan itu, kisaran pendapatan Atta disebut antara US$31.500 hingga US$503 ribu atau maksimal Rp7,1 miliar per bulannya. Bahkan laman ini mengestimasi pendapatan Atta bisa mencapai US$6 juta atau sekitar Rp85,4 miliar per tahunnya.

Sementara YouTuber Ria Ricis memiliki 11.849.581 subscribers. Socialblade menghitung 489 video yang diunggah di channel YouTube Ria Ricis sudah dilihat lebih dari 1,3 miliar kali. Dengan raihan itu, Socialblade menghitung, pendapatan Ria Ricis dari YouTube bisa mencapai US$533 ribu atau sekitar Rp7,5 miliar per bulannya. Bahkan per tahunnya, Ria Ricis diestimasi memiliki penghasilan hingga US$6,4 juta atau sekitar Rp91,1 miliar dari YouTube.

Bagaimana perjalanan Atta Halilintar hingga sampai pada posisi sekarang. Putra pertama pasangan Halilintar Anofial Asmid dan Lenggogeni Faruk ini  lahir di Dumai, 20 November 1994. Awalnya Atta cuma posting vlog aktivitas keluarganya yakni Gen Halilintar. Sebelumnya, Gen Halilintar jadi hits semenjak sang ibunda, Lenggogeni, menulis buku berjudul Kesebelasan Gen Halilintar: My Family My Team. Dan hebatnya, buku ini banyak disuka orang karena kisah keluarga ini yang kompak dan inspiratif.

Tanpa pengasuh, pembantu, atau baby sitter, Halilintar dan Lenggogeni berkeliling dunia sambil berdagang bersama 11 anaknya, 6 cowok dan 5 cewek. Tak disangka, kanal  Youtube Halilintar masuk ke jajaran 10 besar kanal Youtube terfavorit dengan 2,4 juta subscriber.

Mulai terbiasa dengan platform Youtube, Atta membuat kanal sendiri yaitu AttaHalilintar. Kanal ini berisi daily life, rap, prank, dan Q & A. Salah satu yang paling terkenal waktu dia nge-prank cewek yang pengen mencuci mobil. Saat itu Atta menyamar jadi pegawai car wash di tempat kenalannya.

Mobil cewek itu dicuci oleh Atta. Dengan isengnya, ia merayu cewek itu sembari menanyakan nomor handphone dan Instagram. Social Experiment ala Atta itu pun sudah ditonton lebih dari 4 juta kali, dan pernah jadi 10 trending YouTube. YouTuber yang pernah digosipkan jadian dengan Ria Ricis ini juga berhasil masuk 10 Youtuber dengan subcriber terbanyak. Ia berhasil mengumpulkan 2.332.642 subscriber.  Tentunya pemasukan Atta dari Youtube juga kencang.

Salah satu cara menghitung pemasukan Youtuber lewat iklan yaitu melalui Cost Per Mille (CPM). Sistem ini berlaku kalau Anda mengaktifkan fitur “Monetizing Options”. Artinya, nilai iklan yang dipasang di video itu akan dibayar per 1.000 kali view.

Di Indonesia, pengiklan akan membayar 1 dolar AS untuk setiap 1.000 view iklan di video yang di-upload. Bila video Atta nge-prank cewek di carwash sekarang udah mencapai 5,614,207 views.
Jika dikali 1 dolar AS (Rp13.750) per 1.000 kali ditonton, maka penghasilan Atta lewat video itu sekitar Rp77.195.366. Belum dari daily life vlog dan videonya yang lain yang ditonton rata-rata 2,7 views. Paling tidak, ia dapat 37 juta rupiah.

Sejauh ini, vlogger yang punya bisnis fashion ini sudah membikin 237 video. Maka bila kita hitung, 37 juta dikali 237 video. Ia sudah mengantongi Rp8,7 milliar. Wow… Penghasilan itu belum termasuk Biaya Per Klik Iklan atau (BPK). Biaya per klik iklan ini berkisar antara 0,5 dolar AS – 2 dolar AS. Coba bayangkan, jika 237 video itu iklannya di klik semua. 0,5 dolar AS itu setara dengan Rp7.500, maka penghasilannya lewat Youtube sekitar 1,7 juta rupiah. Dan itu cuma satu orang yang mengklik. Hitung saja kalau semua viewers-nya mengklik iklan di video Atta.

Sudah usaha sejak remaja

Atta sejak belia sudah punya usaha sendiri. Pada usia 13 tahun, ia berbisnis handphone. Sampai ia punya konter handphone sendiri. Hasilnya, dalam satu bulan, pemilik brand AHHA ini mengantongi omzet sampai Rp1 miliar. Sebenarnya Atta enggak pernah berpikir menjadi Youtuber, ia hanya bercita menjadi pedagang. Tapi gara-gara kenalan dengan internet, pikirannya soal dagang jadi berkembang.

Taat Pajak

Atta juga taat membayar pajak. Ia melaporkan sekaligus membuat  konten pajak penghasilannya di Kanwil Pajak wilayah Jakarta Selatan, beberapa hari lalu. “Iya saya tuh sebagai anak muda pengin anak-anak muda lain tahu gimana sih kantor pajak? Apa sih yang dilakukan kantor pajak? Buat apa sih pajak kita?” kata Atta dalam videonya.

Kemudian setelah berbincang, Atta Halilintar pun langsung ke inti kedatangannya yakni melaporkan pajak penghasilannya. Dia diyakini membayar pajak begitu banyak untuk negara.  “Jadi warga negara yang baik bayar pajak. Habis ini saya mau ada urusan sama Bapak untuj bayar pajak,” tutur Atta. (Evieta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




Enter Captcha Here :