Prabowo Memboyong Menteri-menterinya Ke Magelang Setelah Dilantik

Foto : tribunnews

JAKARTA -AKSIKATA.COM – Menteri dan Wakil Menteri Kabinet Prabowo diundang ke Akmil Magelang usai dilantik?
Beberapa saat sebelumnya, Presiden Prabowo Subianto resmi melantik para menteri dan wakilnya untuk membantu memimpin roda pemerintahan selama lima tahun mendatang.

Prosesi pelantikan para menteri dan wakilnya di Kabinet Merah Putih itu diselenggarakan di Istana Negara, Jakarta, pada hari Senin (21/10/2024), sekitar pukul 10.00 WIB.

Selanjutnya, timbul tanda tanya yaitu mengenai alasan mantan Danjen Kopassus ini mengundang seluruh menteri dan wakil menterinya ke Lembah Tidar Magelang.

Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyatakan bahwa Presiden Prabowo Subianto akan mengajak berkumpul para menteri Kabinet Merah Putih di Akademi Militer, Magelang, dengan tujuan menyamakan visi dan misinya kepada para menteri kabinet.

“Seperti yang saya ketahui bahwa tanggal 24 itu ada penyamaan visi yang akan dilakukan di akmil selama 3 hari. Setelah itu mulai bekerja,” kata Dasco di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, pada hari Selasa (22/10/2024).

Dasco mengakui bahwa dia tidak mendapat informasi mengenai materi yang akan disampaikan oleh Prabowo.
Dirinya mengaku tidak akan hadir dalam acara tersebut.
“Saya ga tau materinya apa karena gak ikut nyusun materi. Dan saya ga ikut kesana,” ucap Dasco.

Dasco pun lanjut memberikan pernyataan bahwa agenda di Akmil salah satunya bertujuan untuk membuat kabinet Merah Putih lebih kompak dan saling bekerjasama dalam menjalankan program untuk 100 hari kedepan.

Di kesempatan lain, Sekjen Partai Golkar, Sarmuji berpendapat rencana kegiatan pembelakan para menteri di kabinet pemerintahan Prabowo Subianto usai pelantikan di Magelang, Jawa Tengah, adalah dalam rangka penyamaan visi dan misi.
Sarmuji mengaku tidak mendapatkan informasi yang pasti tujuan dari kegiatan di Magelang tersebut. Namun, dia meyakini ada perihal yang mendasar yang ingin diperdalam oleh Prabowo.

“Kemungkinan kalau dua hari itu mungkin banyak, pertama ya tetap penyamaan visi dan misi supaya menteri-menteri yang bergerak secara sektoral itu tidak berjalan sendiri-sendiri melainkan konvergen menuju dalam poin yang sama, yaitu penyamaan visi dan misi presiden,” kata Sarmuji, di beberapa waktu lalu.

Sarmuji mempunyai dugaan, kegiatan pembekalan ini juga menjadi fasilitas bagi para menteri untuk berkaitan satu sama lain.
Ia melihat, Prabowo sangat membutuhkan soliditas dan kekompakkan diantara para menterinya dalam pemerintahan lima tahun mendatang.

“Untuk memudahkan koordinasi, lebih ada chemistry antara presiden dengan menteri, menteri dengan menteri yang lainnya, bagus aja menurut saya,” ucap Sarmuji.

Seperti yang diketahui, lokasi Akademi Militer Kota Magelang, berlokasi di ketinggian 400 meter di atas permukaan laut dan berhawa sejuk karena dikelilingi oleh Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, Gunung Sundoro, dan Gunung Tidar.

Akademi Militer dibangun di atas tanah seluas 654,4493 ha.

Akmil berada di dalam struktur TNI AD yang berperan besar mencetak taruna dan taruni Akmil menjadi perwira TNI AD.(dn)