Lewat Program Abdi Mengajar, Dosen UBSI Lakukan Kegiatan Mengajar Literasi dan Numerasi Berbasis Digital

JAKARTA, AKSIKATA.COM – Civitas Akademik Universitas Universitas Bina Sarana Informatika, Fakultas Teknologi dan Informatika, Prodi Sistem Informasi melalui hibah internal melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat Skema Abdi Mengajar, dimulai dari 11 November 2023 hingga Sabtu, 9 Desember 2023.

Menurut Cep Adiwiharja, ketua kelompok, kegiatan PM tersebut dilangsungkan SDN Srimukti 01 Tambun Utara yang terletak di Jl. Tanggul, Kampung Tambun Tua RT.004 RW.006 Ds. Srimukti, Tambun Utara, Kabupaten Bekasi. Adapun tema yang diusung, yakni Melakukan Kegiatan Mengajar Literasi dan Numerasi Berbasis Digital.

“Kegiatan PM ini, sebagai kewajiban civitas akademika kampus yaitu Tridharma Perguruan Tinggi yang salah satunya adalah kegiatan pengabdian masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Zahra selaku pemateri menyebutkan, banyaknya masyarakat yang masih belum paham meggunakan teknologi digital untuk membantu anak-anak dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah. “Kami menawarkan solusi dengan memberikan pengetahuan teknologi digital dalam mengajarkan literasi dan numerasi para guru-guru dan siswa SD Srimukti 01,” terangnya.

Selama PM berlangsung, proses pembelajaran dilakukan tiga kali pertemuan setiap minggunya bertempat di sekolah SDN Srimukti 01 Tambun Utara. “Untuk pembelajarannya berfokus pada pembekalan keterampilan pengenalan penggunaan teknologi digital secara efektif, dalam hal ini pembelajaran menjawab soal literasi dan numerasi dengan menggunakan komputer secara online yang dilakukan oleh guru-guru dan peserta didik yang dipandu oleh dosen dan mahasiswa,” papar Zahra.

Tim Pengabdian Masyarakat yang terdiri dari empat orang dosen, yakni Cep Adiwiharja, M.Kom; Zahra, M.M, Diah Wijayanti, M.Kom dan Hari Sugiarto, M.Kom. Dibantu pula dengan mahasiswa, yaitu Melsa Rahmadania, Della oktaviani, Firdaus Ibrahim, dan Rizky Maulana .

Kegiatan pengembangan literasi dan numerasi yang berbasis digital ini mendapat sambutan hangat dari para guru dan murid-murid SDN Srimukti 01 Tambun Utara. Baik para guru maupun murid-muridnya sangat antusias mengikuti pembelajaran berbasis digital selama PM berlangsung.

Kegiatan PM ditutup dengan pembagian souvenir berupa alat tulis dari mahasiswa kepada peserta didik. Selain itu, peserta PM juga memberikan bantuan berupa kipas angin yang diserahterimakan Cep Adiwiharja kepada Markodi, Kepala sekolah SDN Srimukti 01 Tambun Utara, Bekasi.

Harapan Markodi, perlu ada kegiatan yang berkesinambungan agar dapat terus memberikan pengetahuan yang dapat bermanfaat bagi masyarakat luas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *