Rusun Pasar Rumput Diprioritaskan untuk Guru, TNI/Polri, ASN Berpangkat dan Bergaji Rendah

Foto : Ayojakarta

JAKARTA, AKSIKATA.COM – Menteri Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) Maruarar Sirait menyatakan bahwa Rumah Susun (Rusun) Pasar Rumput diperuntukan terutamanya untuk guru, anggota TNI/Polri dan ASN yang berpangkat dan bergaji rendah termasuk para milenial yang bergaji rendah.

“Syaratnya slip gaji, verifikasinya mesti kuat. Untuk ke depannya juga kita harus pikirkan untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang belum mempunyai pekerjaan formal dengan pendapatan yang tetap,” ujar Maruarar di Rusun Pasar Rumput di Jakarta, pada hari Minggu (27/10/2024).

Maruarar menambahkan, dirinya telah berjumpa dengan Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah dan mendapatkan informasi bahwa banyak guru yang bekerja di Jakarta tetapi tinggalnya di luar Jakarta, oleh sebab itu mereka perlu diprioritaskan untuk bisa menghuni Rusun Pasar Rumput.

Di lain hal juga Rusun Pasar Rumput perlu diprioritaskan untuk personel TNI-Polri yang berpangkat rendah, karena Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian yang merupakan mantan Kapolri sangat mengetahui bahwa para personel berpangkat rendah jarang sekali mendapatkan mutase atau pindah tugas.

Sehubungan dengan harga sewa, Maruarar meminta kepada PD Pasar Jaya sebagai pengelola untuk bisa memberikan harga sewa yang terjangkau untuk membantu rakyat kecil.

“Menurut Pak Gubernur pembagian tarifnya harus adil, yakni jangan disamaratakan tetapi ada subsidi silang dimulai dengan tarif sebesar Rp1,25 juta, kalau gajinya lebih besar bisa lebih besar sekitar Rp1,5 juta dan bisa lebih kecil bagi yang pendapatannya lebih rendah. Sebelumnya harga sewanya Rp3,5 juta, itu tidak bisa buat rakyat kecil, jadi tidak tepat sasaran,” ujar Maruarar.

Di saat yang sama, Mendagri Tito Karnavian juga menyampaikan apresiasi atas gerak cepat Menteri PKP Maruarar yang langsung menindaklanjuti arahan Presiden untuk berpihak penuh kepada rakyat kecil.

Menurut Tito salah satu permasalahan di Rusun Pasar Rumput tersebut adalah masalah keterlambatan dan terhambatnya proses penghuniannya.
Jadi pihaknya langsung mendatangi lokasi Rusun Pasar rumput itu untuk segera mempercepat proses penghunian untuk rakyat kecil

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) Perumda Pasar Jaya Agus Himawan Widiyanto mengatakan, saat ini Rusun Pasar Rumput sudah terhuni sebanyak 418 unit bagi warga terdampak kebakaran di Manggarai dari total alokasi 794 unit yang diperuntukkan kepada penduduk yang terdampak. (dn)