PSSI : Belum Ada Rencana Keluar Dari AFC Walaupun Dorongan Publik Sangat Kuat

Foto : Suara Surabaya

JAKARTA-AKSIKATA.COM – PSSI memberikan tanggapan mengenai isu adanya rencana keluar dari AFC.
Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi,menanggapi bahwa pihaknya tidak memiliki rencana untuk hengkang dari AFC dan pindah ke konfederasi lain.

Memang pada kenyataannya dorongan terhadap PSSI untuk meninggalkan AFC sangat ramai digaungkan netizen Tanah Air setelah kemenangan Timnas Indonesia direnggut saat melawan Timnas Bahrain di Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia beberapa waktu lalu.
Pertandingan tersebut harus berakhir dengan skor imbang 2-2.

Timnas Indonesia tidak berhasil untuk memenangkan pertandingan di saat itu karena dicurangi wasit Ahmed Al Kaf.
Tidak bisa dihindari apabila banyak sekali pihak-pihak yang geram.

Walaupun pada kenyataannya sangat ramai dorongan bagi PSSI keluar dari AFC, Yunus Nusi mengatakan bahwa tidak ada pembahasan dan diskusi apa pun sehubungan dengan perpindahan konfederasi sampai sekarang.
Menurut Yunus, hal yang sangat wajar jika Timnas Indonesia memberi keluhannya kepada AFC dan FIFA perihal kepemimpinan wasit.

“Kami belum berpikir ke sana (pindah federasi), PSSI secara objektif akan melihat. Bagi kami, negara-negara yang curhat dan negara-negara yang pro ke situ adalah hal yang biasa di sepakbola, di negara mana pun,” ucap Yunus Nusi saat menemui rekan- rekan media di Jakarta, pada hari Jumat 25 Oktober 2024.

“Kami tidak boleh meresponsnya secara emosional. Kalau ada keinginan untuk membelah (pindah) federasi, bagi kami tidak ada diskusi soal itu,” tambah Yunus lagi.

“Negara mana pun berhak untuk komplain, negara manapun berhak untuk protes. Itu sangat lazim terjadi di negara-negara yang berurusan dengan sepakbola. Hal itu adalah hal yang biasa karena kami yakin FIFA tidak segampang itu untuk mengakomodir, apalagi menyetujui,” jelas Yunus Nusi.

“Kami juga sangat menyadari bahwa Bahrain pun memiliki hak untuk menyampaikan protes itu, bagi kami tidak ada masalah,” sambung Yunus kembali.

Perjuangan Timnas Indonesia di Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia sendiri akan dilanjutkan pada bulan depan. Skuad Garuda akan menjamu Timnas Jepang dan Arab Saudi di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada 15 dan 19 November 2024. (dn)