Razia Flare dan Petasan Digelar pada Laga Indonesia vs Australia di GBK Hari Ini

foto dari Bola-Bisnis.com

JAKARTA, AKSIKATA.COM – Pada pertandingan Kualifikasi Piala Dunia zona Asia antara Timnas Indonesia melawan Australia yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (10/9/2024), polisi melakukan razia atau kegiatan pemeriksaan terhadap seluruh penonton.
Penonton yang kedapatan membawa flare akan disita oleh pihak keamanan.

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro, Selasa (10/9/2024) menyatakan bahwa  segenap pihak keamanan yang bertugas melakukan pemeriksaan atau razia akan menindak tegas apabila ada para penonton yang memang sengaja membawa benda – benda berbahaya contohnya flare ataupun petasan. ” Kita tidak ingin nanti hal-hal tersebut berkesan negatif bagi suporter Indonesia. Sebanyak 2.300 personel gabungan dari TNI, Polri dikerahkan untuk melayani sebanyak 70 ribu penonton yang telah membeli tiket pertandingan ” ujar Susatyo .

Susatyo juga menambahkan bahwa sejauh ini  rekayasa lalu lintas di kawasan GBK belum dilakukan. Para penonton diminta bisa menggunakan transportasi umum agar tidak menambah kepadatan di kawasan GBK . ” Tentunya kami segenap pihak kepolisian yang bertugas berharap agar para penonton itu semuanya bisa disiplin kemudian bisa mentaati berbagai aturan-aturan yang menjadi ketentuan, tidak membawa benda-benda terlarang ke dalam stadion GBK,” ujar Susatyo .

Diberitakan beberapa waktu sebelumnya ,bahwa diperkirakan total sekitar 2.335 personel gabungan dikerahkan guna mengawal jalannya laga Timnas Indonesia melawan Australia dalam kualifikasi Piala Dunia 2026 di SUGBK, Jakarta.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Ade Ary Syam Indradi, Senin, (9/9/2024) ikut memberikan keterangan bahwa Polda Metro Jaya menurunkan 2. 335 personel gabungan dengan pertimbangan salahsatunya pengamanan pertandingan sepak bola antara Indonesia melawan Australia besok dalam rangka ronde lanjutan kualifikasi piala dunia .

Personel gabungan yang ditugaskan dalam laga tersebut terdiri dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Dinas Perhubungan, Pemadam Kebakaran dan Satuan Polisi Pamong Praja. Dikabarkan pula akan serentak dilakukan rekayasa lalu lintas di kawasan sekitaran SUGBK nantinya untuk mengurangi kemacetan dan penumpukan arus kendaraan di sekitar area tersebut .(dn)